Gubernur Sugianto Sabran Membuka Rakor Penyelenggaraan Pemerintahan Desa se-Kalteng

Kamis, 15 September 2022 - 20:24 WIB
loading...
A A A
“Terlebih dengan adanya kenaikan harga BBM, dan biasanya diikuti kenaikan harga pada komoditas-komoditas utama, serta kondisi cuaca curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan beberapa komoditas di daerah penghasil mengalami gagal panen, hal ini menyebabkan proyeksi inflasi pada bulan September 2022 yakni sebesar 7,40-7,90% (tahun ke tahun),” tandasnya.

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan materi dan ruang lingkup kegiatan dalam rapat koordinasi penyelenggaraan Pemerintahaan Desa Prov. Kalteng tahun 2022 diantaranya pembekalan ESQ (Emosional Spiritual and Quotient) oleh Motivator Direktur LSP INFINDO, kebijakan teknis dan strategis Pemprov Kalteng dalam rangka pengendalian inflasi dan mitigasi di tingkat desa demi menuju desa maju, mandiri dan sejahtera. Pada kesempatan ini jug dilakukan pencanangan Smart Village di Prov. Kalteng dan pencanangan Desa BerAKHLAK atau Lewu Pancasila BERKAH.

Selain itu juga, dilakukan penyerahan piagam penghargaan pemenang seleksi Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Tepat Guna Unggulan Tingkat Prov. Kalteng. Daftar para Inovator yang menang pada Seleksi Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Tepat Guna Unggulan di antaranya, Terbaik I diraih oleh Ihram asal Barito Selatan (Buntok) dengan menggunakan alat/inovasi TTG Mesin Pembersih Rotan (Inovasi Pembersih Serbuk Kaca di Kulit Tanaman Rotan Berbasis Mesin), Terbaik II diraih oleh Rahadyan Sambodo Widyakti asal Kuala Pembuang (Seruyan) dengan menggunakan alat/inovasi TTG Alat Penetas telur Ayam (Toples Penetas Telur Bermedia Pasir).

Terbaik III diraih oleh H.M.Rosihan Anwar asal Kuala Kapuas (Kapuas) dengan menggunakan alat/inovasi TTG alat Pembuat Telur Asin (Pengolahan Telor Bebek Asin dengan Metode Termo Elektrikfikasi) serta Terbaik IV diraih oleh Zaky Mubarak asal Kotawaringin Timur (Sampit) dengan menggunakan alat/inovasi TTG Pelanduk Rimba (Pelayan Administrasi Penduduk, Ringkas, Mudah dan berkualitas). Sementara Inovator yang menang pada Teknologi Tepat Guna dan Unggulan Prov Kalteng yakni dari Posyantek Kecamatan Telawang asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Sampit) dengan menggunakan TTG Unggulan Alat Penyambung Egrek “Inset Klem”.

Dikesempatan ini juga, dilakukan gerakan bersama Pengendalian Inflasi Pangan “Sakuyan Lombok”ditandai dengan penyerahan secara simbolis 15.000 bibit cabai serta Penandatanganan Komitmen bersama Percepatan Penurunan Stunting di desa melalui peran serta Kepala Desa sebagai Bapak Asuh Anak Stunting.

Terakhir disampaikan paparan dari BPS Prov. Kalteng, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalteng,, Kapolda Kalteng, Danrem 102/PJG, Kejaksaan Tinggi Kalteng, Ketua DAD Prov Kalteng serta paparan dan stressing Ketua TP-PKK Prov Kalteng.

Peserta rapat koordinasi penyelenggaraan pemerintahan desa tahun 2022 terdiri dari kepala desa, ketua TP PKK, camat dan lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kalteng yang berjumlah 5.710 orang.

Rakor dihadiri Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran yang juga merupakan Ketua DAD Prov. Kalteng, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Forkopimda Prov. Kalteng, Ketua TP-PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Dari pemerintah daerah hadir Bupati/ Wali Kota se-Kalteng, kepala perangkat daerah kabupaten/kota se-Kalteng, kepala desa serta Ketua Tim Penggerak PKK se-Kalteng.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)