Pilkades Sei Paham Ricuh, Warga Protes dan TPS Dirusak

Kamis, 08 September 2022 - 09:27 WIB
loading...
Pilkades Sei Paham Ricuh, Warga Protes dan TPS Dirusak
Penghitungan suara Pilkades Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, berlangsung ricuh. Foto/iNews TV/Ulil Amri
A A A
ASAHAN - Kericuhan mewarnai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Rabu (7/9/2022) malam. Polisi bersiaga penuh, untuk mengantisipasi meluasnya kericuhan.



Kericuhan ini terjadi, saat warga melancarkan protes tentang adanya dugaan kecurangan dalam tahapan penghitungan hasil suara Pilkades. Warga yang emosi langsung memporak-porandakan TPS, dan memarahi sejumlah panitia Pilkades.



Anggota Polres Asahan, dikerahkan untuk meredam kericuhan usai pelaksanaan Pilkades tersebut. Hingga tengah malam, polisi masih bersiaga di Kantor Desa Sei Paham, untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan susulan.



Salah seorang warga, Soleh Marpaung mengungkapkan, ada mekanisme dalam tahapan penghitungan suara yang tidak dilakukan oleh panitia Pilkades. "Saat kotak suara dibuka, panitia tidak menghitung jumlah surat suara yang ada di dalam kotak," tegasnya.

Pilkades Sei Paham Ricuh, Warga Protes dan TPS Dirusak


Tidak dihitungnya surat suara dalam kotak suara tersebut, menurut Soleh Marpaung, berpotensi menjadi celah kecurangan. "Pelanggaran ini jelas sangat merugikan masyarakat, dan calon kepala desa yang ikut Pilkades," ungkapnya.



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Asahan, Suherman Siregar mengatakan, proses rekapitulasi suara harus berjalan terus, dan jika ada yang keberatan dengan hasil nantinya dapat melanjutkan di proses sengketa Pilkades.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3997 seconds (0.1#10.140)