HUT Ke-74 Bhayangkara, Polda Jatim Berupaya Maksimal Bantu Penanganan COVID-19

Rabu, 01 Juli 2020 - 14:07 WIB
loading...
HUT Ke-74 Bhayangkara, Polda Jatim Berupaya Maksimal Bantu Penanganan COVID-19
Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran didampingi Kabid Humas Kombes Pol Trunoyudo.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran memastikan akan berupaya maksimal membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19. Mulai dari tahap pencegahan hingga treatment dan pembinaan masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Fadil usai memimpin peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di gedung Mahameru Mapolda Jatim. Menurut jenderal bintang dua tersebut, ada sejumlah tantangan bagi instansi Polri di tengah pandemi COVID-19.

(Baca juga: Bapak dan Anak di Mojokerto Nyaris Celaka saat Menangkap Ular Piton )

Selain harus menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Polri dituntut turut mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan pencegahan COVID-19. “Kami berupaya semaksimal mungkin membantu pemerintah dalam menurunkan angka penularan hingga kematian akibat virus corona,” katanya, Rabu (1/7/2020).

Fadil juga ingin agar anggotanya bisa membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi. Diketahui, selain berdampak pada kesehatan, COVID-19 juga mengakibatkan pelemahan ekonomi. Tidak hanya Indonesia, tapi juga dunia.

“Kami mendukung upaya pemerintah di dalam langkah-langkah pemulihan ekonomi. Jadi bukan hanya memerangi COVID-19 saja, tapi bagaimana Polri berperan agar ekonomi bisa tetap jalan,” terangnya.

(Baca juga: Tersangka Pembakar Mobil Ternyata 'Fans Berat' Via Vallen )

Dalam memerangi COVID-19, Polda Jatim telah membagikan dua juta masker kepada seluruh masyarakat di Jatim. Hal ini sebagai langkah dalam pencegahan penularan COVID-19 di provinsi berpenduduk 40 juta juta tersebut.

“Harapan saya, di Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74 tahun ini, Polri dalam melakukan penegakan hukum bisa lebih humanis, dalam melakukan pemecahan masalah bisa lebih proaktif, serta meningkatkan solidaritas internal dan meningkatkan solidaritas bersama TNI/Polri," ujar Fadil.

Terkait pengamanan rumah sakit yang menangani pasien COVID-19, Fadil memerintahkan semua Kapolres di Jatim untuk menugaskan anggotanya di RS rujukan penanganan pasien COVID-19. Jika ada jenazah COVID-19 yang akan dimakamkan harus ada pengawalan dari anggota kepolisian.

Sehingga tidak ada lagi aksi pengambilan jenazah secara sepihak oleh masyarakat. Apalagi belakangan ditemukan adanya klaster jenazah COVID-19. “Kami mengingatkan masyarakat, agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Mari bersama-sama memutus rantai penularan COVID-19," pungkas Fadil.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)