Sosok Mbah Kapiludin, Ulama yang Terkoneksi dengan Sunan Ampel saat Berdakwah di Gang Dolly

Senin, 29 Agustus 2022 - 23:11 WIB
loading...
Sosok Mbah Kapiludin, Ulama yang Terkoneksi dengan Sunan Ampel saat Berdakwah di Gang Dolly
Makam Mbah Kapiludin merupakan ulama yang dulunya memberikan syiar agama Islam di kawasan Dolly. Foto: SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Gang Dolly yang tersohor sebagai lokalisasi terbesar di Asia Tenggara masih menyimpan bukti sejarah baru.

Salah satunya makam ulama yang menyebarkan Islam sejak ratusan tahun silam dan masih berkaitan erat dengan Sunan Ampel dan Mbah Karimah, Kembang Kuning.

Ketika melintas di kawasan eks lokalisasi Dolly, ada sebuah Jalan Kupang Gunung Timur atau berdekatan dengan lapangan futsal, terdapat sebuah makam ulama atau tokoh agama. Ulama tersebut dikenal oleh warga sekitar dengan nama Mbah Kapiludin.

Baca juga: Mayat Pria Misterius Tinggal Tulang-belulang Gemparkan Sumenep

Tokoh agama setempat, Ngadimin Wahab atau lekat disapa Abah Petruk mengungkapkan, saat kawasan Kupang Gunung Timur masih berupa alang-alang, sudah banyak orang yang datang berziarah ke makam Mbah Kapiludin.



"Jadi dulu di sini sebelum ada kampung, masih glagah-glagah bong, sudah ada makam Mbah Kapiludin. Jadi, sebelum ada perkampungan itu setiap malam Jumat legi, makam Mbah Kapiludin sudah disekar (diziarahi) orang," kata Abah Petruk, Senin (29/8/2022).

Bahkan hingga sekarang, Abah Petruk menyebut, makam Mbah Kapiludin juga masih sering diziarahi oleh masyarakat. Terutama warga di sekitar Putat Jaya yang memiliki hajat atau keinginan.

Baca juga: Kabag Umum Sekretariat DPRD Jombang Tewas Dalam Mobil di Tepi Jalan Raya

"Orang punya hajat sering mengadakan acara selamatan (kirim doa) di sini. Dulu yang punya lahan di sini sebelum meninggal saya sering dipanggil untuk acara pimpin doa selamatan," ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1065 seconds (10.55#12.26)