Imunisasi Campak dan Rubella di Sulsel Capai 69 Persen

Kamis, 18 Agustus 2022 - 23:30 WIB
loading...
Imunisasi Campak dan Rubella di Sulsel Capai 69 Persen
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
MAKASSAR - Persentase imunisasi campak dan rubella di Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah mencapai 69 persen pada momen Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Capaian itu menempatkan Sulsel berada di urutan kedua di luar Pulau Jawa setelah Lampung

Berdasarkan data kabupaten/kota, capaian pemberian Vaksin MR (Measles and Rubella) tertinggi terlihat pada Kabupaten Pinrang dengan capaian 99,35 persen, disusul Kabupaten Barru dengan 98 persen dan Kabupaten Luwu dengan 97,33 persen.



"Sekarang kan masih perpanjangan (BIAN), sudah perpanjangan kedua, Kalau mencontoh vaksinasi MR lalu yang dari Agustus diperpanjang sampai Desember, itu sampai di angka 98 persen. Jadi kami dikasih terus perpanjangan waktu untuk capai sasaran," jelasnya.

Untuk mempercepat capaian target, Dinkes Makassar mengerahkan tim untuk turun ke lapangan untuk melakukan layanan jemput bola.

"Kalau biasanya hanya menunggu orang datang, di posyandu, di puskesmas, sekarang kami sasar lagi sekolah. Kami kerja sama dengan Dinas Pendidikan, dengan SD dan PAUD untuk turun sesuai jadwal," jelasnya.

Lebih jauh, Mariani juga membeberkan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi MR. Tidak sedikit masyarakat yang masih enggan jika anaknya divaksin. Sehingga, petugas harus turun berulangkali untuk meyakinkan mereka.

Baca juga:Bulan Imunisasi di Jakarta Targetkan 715.782 Balita, Anies Ajak Orang Tua Ikut Bertanggung Jawab

Saat ini, Dinkes Makassar juga menyiapkan gerai vaksinasi di kawasan Car Free Day (CFD). Diharapkan, semua langkah yang dilakukan ini bisa mempercepat capaian target imunisasi campak dan rubella di Kota Makassar.

"Saat ini kami juga membuka gerai vaksinasi di car free day. Ini sudah berjalan tiga pekan. Di situ masyarakat bisa vaksin Covid-19 dan vaksin untuk BIAN. Kan di CFD biasa banyak anak-anak yang dibawa sama orang tuanya," pungkasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2632 seconds (0.1#10.140)