Kisah Pertemuan Misterius Bung Karno dengan Raja Jayabaya, Minta Restu Sebelum Proklamasikan Kemerdekaan

Senin, 08 Agustus 2022 - 07:16 WIB
loading...
A A A
Entah karena terpengaruh ramalan itu atau tidak, sebelum memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, Bung Karno dikabarkan menziarahi Pamuksan Sri Aji Jayabaya Kediri.

Bahkan ziarah itu dilakukan sebanyak tiga kali. Menurut saksi mata saat itu, kunjungan terakhir Soekarno dilakukan hanya beberapa hari sebelum proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dikumandangkan.



"Aku datang ke sini untuk minta restu Raja Jayabaya," demikian Soekarno menjelaskan kepada rombongannya. "Aku ingin kalian semua membantuku," tambahnya.

Di situs Pamuksan Jayabaya, Bung Karno berdiam diri selama tujuh menit. Sebelum beranjak, Bung Karno kemudian berkata: "Sudah direstui. Sekarang kita bisa pergi," demikian dikutip dari Wali Berandal Tanah Jawa.

Entah kebetulan atau memang Jangka Jayabaya memperlihatkan kebenarannya. Pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta, Soekarno dan Mohammad Hatta kemudian memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sejak itu Bung Karno adalah Presiden Pertama Republik Indonesia.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6012 seconds (0.1#10.140)