Waspada, Seorang Penderita TBC Berpotensi Menulari 10 Orang

Senin, 29 Juni 2020 - 12:39 WIB
loading...
Waspada, Seorang Penderita TBC Berpotensi Menulari 10 Orang
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi
A A A
SALATIGA - Jumlah penderita tuberculosis (TBC) di Salatiga terhitung cukup banyak. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, terhitung sejak Januari hingga Juni 2020, jumlahnya mencapai 131 orang.

Padahal satu orang penderita TBC berpotensi menulari 10 orang. Karena itu, Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah meminta warga untuk mewaspadai penyakit tersebut dan senantiasa menerapkan pola hidup sehat. (BACA JUGA: Takut Corona, Korban Kecelakaan Ini Tewas karena Terlambat Ditolong )

“Penyakit TBC masuk kategori penyakit menular dan cukup mematikan karena menyerang organ dalam paru-paru. Penyakit ini harus diwaspadai dan diantisipasi,” katanya, Senin (29/6/2020). (BACA JUGA: Kapolda Jateng : Polisi Harus Tertib Sebelum Amankan Masyarakat )

Waspada, Seorang Penderita TBC Berpotensi Menulari 10 Orang

Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah. Foto/SINDOnews/Angga Rosa

Menurut dia, penderita TBC di Salatiga didominasi oleh anak-anak. Suhu udara di Kota Salatiga yang terbilang cukup dingin juga mempengaruhi risiko seseorang terkena penyakit TBC.

"Maka langkah penanganan yang kami lakukan seperti menangani Corona ini. Langsung kami trecking keluarganya, pengobatan, kerjasama rujukan. Tanpa itu ya susah, karena prinsipnya penyakit menular itu harus dicari, ditemukan lalu diobati," ujar dia.

Zubaidah menuturkan, penyakit TBC disebabkan oleh kuman microbakterium tuberculosis yang ditularkan melalui percikan dahak. Sulitnya lagi, dalam mengambil sampel dahak TBC harus dari dalam kerongkongan.

“Jika dahak purulen tidak keluar, petugas medis sangat sulit melakukan identifikasi. Cara pengambilan juga harus di tempat terbuka tetapi tidak berkerumun,” tutur Zubaidah.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)