Segarnya Mata Air Candi Sumberawan Malang, Tak Pernah Kering dan Bisa Sembuhkan Penyakit

Minggu, 09 Juni 2024 - 13:06 WIB
loading...
Segarnya Mata Air Candi Sumberawan Malang, Tak Pernah Kering dan Bisa Sembuhkan Penyakit
Sumber mata air di Candi Sumberawan Malang. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Di lereng Gunung Arjuno , tepatnya di Kabupaten Malang, terdapat Candi Sumberawan yang menyimpan pesona magis dengan dua mata air abadi bernama Sumber Kahuripan dan Sumber Kamulyan.

Mata air ini tak pernah kering meskipun musim kemarau panjang, dan konon memiliki khasiat luar biasa bagi yang menggunakannya.

Sumber Kahuripan, yang terletak di sisi timur Candi Sumberawan, dipercaya mampu menyembuhkan penyakit dan memberikan kesehatan bagi penggunanya. Sedangkan Sumber Kamulyan, di sisi barat candi, diyakini dapat meningkatkan derajat manusia, mulai dari jodoh hingga rezeki dan sandang pangan.

Menurut Juru Pelihara Candi Sumberawan, Dika Maulana, mata air ini sudah ada jauh sebelum Candi Sumberawan dibangun, dan pada zaman dahulu digunakan untuk ritual pembersihan sebelum melakukan kegiatan keagamaan di Gunung Arjuno.



"Sumber air ini lebih dahulu dibandingkan Candi Sumberawan. Konon dijadikan pembersihan manusia sebelum kegiatan keagamaan di Gunung Arjuno," jelas Dika.

Kepercayaan masyarakat terhadap khasiat dua mata air ini telah ada sejak lama. Banyak pengunjung candi yang datang untuk mandi atau membasuh muka dengan airnya, berharap mendapatkan kesembuhan atau kelancaran dalam hidup.

Dika menambahkan, selain untuk kebutuhan spiritual, air dari dua mata air ini juga dialirkan ke beberapa wilayah di Kabupaten Malang untuk membantu kebutuhan air bersih, terutama saat musim kemarau panjang.

"Sumber Sumberawan ini salah satu sumber air terbesar di wilayah Malang. Ada beberapa instansi yang sudah memanfaatkannya, seperti PDAM, TNI, dan Abdul Rachman Saleh," terangnya.

Keberadaan mata air bertuah di Candi Sumberawan ini menjadi daya tarik wisata tersendiri. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan candi, tetapi juga merasakan kesegaran dan khasiat magis dari airnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)
pixels