Mutu Pendidikan Dapat Tercapai Jika Seluruh Komponen Pendidikan Bersinergi

Selasa, 02 Agustus 2022 - 23:55 WIB
loading...
Mutu Pendidikan Dapat Tercapai Jika Seluruh Komponen Pendidikan Bersinergi
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Husairi Abdi sampaikan pentingnya pendidikan sebagai salah satu penentu mutu Sumber Daya Manusia (SDM).
A A A
AMUNTAI - Sejalan dengan tingginya tantangan kehidupan global, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Husairi Abdi sampaikan pentingnya pendidikan sebagai salah satu penentu mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri rapat kerja terpadu Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-HSU tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Idham Khalid, Selasa (2/8/2022).

Plt Bupati HSU Husairi Abdi mengungkapkan, mutu pendidikan dapat tercapai jika seluruh komponen pendidikan yaitu masukan, proses, keluaran, guru, sarana dan prasarana serta biaya telah dapat terpenuhi.

"Namun dari beberapa komponen tersebut yang lebih banyak berperan adalah tenaga kependidikan yang bermutu yaitu yang mampu menjawab berbagai tantangan dengan cepat dan tanggung jawab" ucapnya.

Ia menambahkan, tantangan bagi tenaga kependidikan pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut tenaga kependidikan untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian penguasaan kompetensi.

"Pendidikan bermutu sangat membutuhkan tenaga kependidikan professional, yang mempunyai peran sangat strategis dalam pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik, oleh karena itu tenaga kependidikan yang professional akan melaksanakan tugasnya secara professional sehingga menghasilkan tamatan bermutu," ungkapnya.

Mutu Pendidikan Dapat Tercapai Jika Seluruh Komponen Pendidikan Bersinergi


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSU Jumadi menyampaikan, rapat kerja terpadu Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-HSU perlu dilakukan untuk berkoordinasi dengan kepala daerah dalam hal pendidikan.

"Jadi urusan pendidikan adalah urusan wajib pelayanan dasar, yang menjadi indikator keberhasilan penyelanggaraan pemerintahan oleh kepala daerah, karena itu perlu adanya komunikasi yang baik dan lancar antara stake holder dengan para kepala sekolah sebagai pelaksana langsung dilapangan," ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, melalui rapat kerja terpadu ini diharapkan dapat diberikan pengarahan oleh kepala daerah untuk kemajuan pendidikan.

"Melalui rapat terpadu ini sehingga kami mendapatkan arahan dari kepada daerah tentang apa yang mesti kami kerjakan, karena ini juga merupakan awal ajaran semester ganjil tahun2022/2023, dan bagaimanapun untuk urusan pendidikan ini sangat kompleks dan luas baik menyangkut SDM yakni kepala sekolah, guru, pengawas hingga siswa," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatangan fakta integritas yang diwakili 10 kepala SD dan 1 Kepala SMP dengan Kepala Disdikbud HSU yang disaksikan langsung oleh Plt Bupati HSU. (Diskominfosandi/Putra/Aulia)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2954 seconds (0.1#10.140)