Gudang Penimbunan BBM di Pringsewu Digerebek, Seminggu Untung Rp7 Juta

Kamis, 28 Juli 2022 - 01:28 WIB
loading...
Gudang Penimbunan BBM di Pringsewu Digerebek, Seminggu Untung Rp7 Juta
Gudang penimbunan BBM di Pringsewu digerebek. Foto: Indra/SINDOnews
A A A
PRINGSEWU - Anggota Tekab 308 Reskrim Polres Pringsewu, melakukan penggerebekan rumah yang dijadikan gudang penimbunan BBM di Dusun Kampung Tengah, Pekon Sidodadi, Kecamatan Pardasuka.

Kasat Reskrim Polres Pringsewu, Iptu Feabo Adigo Mayora Pranata mengatakan, pemilik rumah berhasil diamankan.

"Pelaku berinisial SB (49). Saat dilakukan penggeledahan, petugas menemukan empat galon berisi 4.000 liter BBM bersubsidi jenis solar, mobil Isuzu Panther, mesin jetpump, dan 34 jeriken," katanya, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Gerebek Tempat Penimbunan BBM Ilegal, Polisi Sita 45 Ton Solar

Kepada petugas, pelaku mengaku mendapatkan BBM itu dari salah satu SPBU di wilayah Pardasuka. Dia membeli dengan harga standar untuk mobilnya. Namun, tangki mobil sudah dimodifikasi agar menampung BBM lebih banyak.

"Tanki BBM kendaraan yang normalnya hanya bisa menampung 42 liter oleh tersangka dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa muat hingga 400 liter. Selanjutnya, BBM dipindahkan ke dalam galon," ungkapnya.

Baca: Polda Bali Gerebek Gudang Penimbunan BBM, Sita 11.400 Liter Solar Subsidi

Setelah ditimbun, oleh tersangka BBM jenis solar tersebut dijual kepada para pedagang di wilayah Pardasuka hingga ke Bandar Lampung. Dalam seminggu, keuntungan pelaku mencapai Rp7 juta.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka dijerat Pasal 55 UU RI No 55 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan pidana maksimal selama 6 tahun penjara atau denda Rp60 miliar.
(san)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1496 seconds (10.101#12.26)