Pelindo III Terapkan Protokol Kesehatan Di Area Pelabuhan

Minggu, 28 Juni 2020 - 12:47 WIB
loading...
Pelindo III Terapkan Protokol Kesehatan Di Area Pelabuhan
Mencegah penularan COVID-19, Pelindo III menerapkan protokol kesehatan. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan skema pelayanan di area pelabuhan di bawah wilayah kerjanya. Skema baru ini diterapkan untuk memastikan seluruh kegiatan pelabuhan khususnya terminal penumpang sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

(Baca juga: Dari Ketinggian 6000 Kaki, Prajurit Marinir Menyerbu Situbondo )

Implementasi protokol kesehatan di area pelabuhan penumpang sendiri dimulai dengan menerapkan layanan berbasis teknologi. Antara lain, penggunaan thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh calon penumpang, penggunaan masker serta penerapan physical distancing di area terminal. Lalu pemasangan automatic flap barrier atau gate penumpang otomatis berbasis QR Code untuk mengurangi tatap muka secara langsung antara petugas dan penumpang.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto mengatakan, penerapan pola protokol baru ini merupakan upaya Pelindo III untuk tetap bisa menjalankan pelayanannya kepada masyarakat sekaligus upaya mencegah penyebaran COVID-19.

(Baca juga: Sebulan Penuh Ribuan Rumah di 5 Kecamatan di Wajo Terendam Banjir )

Sementara untuk pemberlakuan syarat bepergian sesuai aturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pihaknya akan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat dan Operator kapal untuk validasi syarat tersebut sebelum bepergian. “Sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN, kami telah menyiapkan berbagai skema pelayanan baru yang mengedepankan protokol kesehatan secara ketat," katanya, Minggu (28/6/2020).

Koordinator Wilayah Kerja Tanjung Perak, KKP kelas I Surabaya, Diah Wahju Tjahjana menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kebijakan di pelabuhan khususnya Pelindo III.

Menurutnya perusahaan jasa kepelabuhanan itu telah menerapkan protokol kesehatan ketat di area terminalnya. Sehingga membantu pihak KKP dalam proses pencegahan penyebaran COVID-19. (Baca juga: Serang Anggota Piket Penjagaan Polres OKI, Pelaku Tewas Ditembak )

"Sejauh ini apa yang telah dilakukan Pelindo III sudah cukup baik dalam hal pemberlakuan protokol kesehatannya di area terminal penumpang. Mulai dari pengecekan suhu badan hingga penerapan physical distancing. Sehingga membantu kami dari KKP dalam hal pencegahan penyebaran COVID-19 di area transportasi umum seperti pelabuhan," imbuhnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3033 seconds (0.1#10.140)