Kartika Soekarno Foundation Gelar Bakti Sosial dan Pelatihan Kesehatan Kader Posyandu Songan Bali

Selasa, 26 Juli 2022 - 12:59 WIB
loading...
Kartika Soekarno Foundation Gelar Bakti Sosial dan Pelatihan Kesehatan Kader Posyandu Songan Bali
Kartika Soekarno Foundation (KSF) bekerja sama dengan Bali Children Foundation dan Bumi Sehat menggelar kegiatan bakti sosial serta pelatihan kesehatan dan gizi bagi kader posyandu. (Ist)
A A A
DENPASAR - Kartika Soekarno Foundation (KSF) bekerja sama dengan Bali Children Foundation dan Bumi Sehat menggelar kegiatan bakti sosial serta pelatihan kesehatan dan gizi bagi kader posyandu.

Kegiatan yang diselenggarakan di Posyandu Banjar Dalam, Banjar Tabu dan Banjar Tung Tung di Songan Kintamanani ini bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan dan gizi untuk anak dan orang tua di daerah tersebut.

"Kami memulainya sejak Februari 2021 hingga sekarang. Di sini kami menemukan beberapa kasus seperti kemiskinan, kekurangan gizi pada anak, stunting, kebersihan lingkungan dan juga kurangnya edukasi yang baik mengenai pertumbuhan anak dan gizi," ujar Pendiri Kartika Soekarno Foundation (KSF) Kartika Soekarno , Selasa (26/7/2022).

Kartika Soekarno Foundation (KSF) didirikan pada 1998 oleh Kartika Soekarno yang merupakan putri dari presiden pertama Indonesia Soekarno. Salah satu misi dari KSF adalah meningkatkan kesehatan dan pendidikan bagi ibu- ibu dan anak-anak di area perdesaan.

KSF telah membantu lebih dari 130.000 anak dalam 20 tahun terakhir, merevitalisasi lebih dari 290 osyandu dan 230 PAUD, serta melatih lebih dari 1.240 kader relawan di seluruh Indonesia. KSF berlandaskan semangat gotong royong yang banyak dianut oleh masyarakat di Indonesia.

"Kami membantu ibu dan anak dengan memberikan informasi gizi dan pemeriksaan kesehatan gratis. Serta ada bantuan berupa suplemen dari Bumi Sehat dan juga Bali Children Foundation dalam memberikan edukasi mengenai gizi dan kesehatan. "Kurang lebih ada 40 ibu dan anak yang mengikuti kegiatan yang diadakan setiap minggunya," paparnya.

Menurut Kartika, kegiatan kali ini diikuti oleh kurang lebih 17 kader pelatihan dari beberapa posyandu di Songan Kintamani. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal dan pengetahuan tentang kesehatan dan gizi ibu dan anak.

"Sesuai dengan misi KSF untuk mengenalkan semangat gotong -royong kepada warga di sekitar Songan Kintamani agar ke depannya dapat saling membantu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan gizi ibu dan anak, agar ke depannya anak anak di sana jauh lebih baik dan
sehat," katanya.

Baca: Kalah Muscab Demokrat, Bupati Cellica Jadi Rebutan Partai di Karawang.

Selain memberikan pelatihan, KSF juga menggelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako. "KSF membagikan beras kepada warga yang hadir di posyandu, dan juga memberikan pelatihan kepada kader-kader posyandu agar dapat ke depannya lebih siap untuk mengatasi masalah kesehatan dan gizi untuk anak dan orang tua. Karena KSF peduli dengan kesehatan gizi ibu dan anak, kami juga mengadakan pelatihan bagi kader di posyandu," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)