Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Ekraf Kriya dan Ekowisata di Samosir

Rabu, 20 Juli 2022 - 21:07 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Ekraf Kriya dan Ekowisata di Samosir
Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong masyarakat Desa Situngkir, Samosir mengoptimalkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf). Foto/MNC Media
A A A
SAMOSIR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong masyarakat Desa Situngkir, Samosir, Sumatera Utara untuk mengoptimalkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf). Khususnya Ekraf Kriya dalam upaya membuka peluang usaha dan lapangan kerja di wilayah tersebut.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, produk-produk kriya berbahan limbah kayu yang diolah oleh masyarakat desa diharapkan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Desa Situngkir.



"Dengan pelatihan ini kita bisa memberdayakan masyarakat setempat untuk memproduksi barang yang memiliki nilai ekonomi dari limbah," katanya di sela pelatihan Ekraf di Creative Hub Samosir, Pantai Situngkir, Samosir, Sumut, Selasa (19/7/2022).

Pelatihan ini diharapkan mampu menjadikan Samosir sebagai ekosistem pariwisata yang ramah lingkungan. Selain itu, Sandiaga juga mendorong agar Samosir menjadi lokasi bagi terselenggaranya event-event olahraga seperti triathlon.

"Kalau memungkinkan, kita bisa start dan finish di sini (Pantai Situngkir), jadi nanti saya akan turunkan tim agar di sini bisa menjadi lokasi ajang triathlon," katanya.

Sementara itu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan sumber daya manusia di Samosir melalui pelatihan-pelatihan dan pendampingan.



"Kami juga bertanggung jawab untuk melakukan pemasaran dan juga pendampingan bagi pelaku UMKM," katanya.



Dalam kunjungan ke Samosir, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Adella Raung; dan Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT, Raja Malem Ukur Tarigan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4582 seconds (0.1#10.140)