Saat Pandemi, Satgas Kampung Tangguh Peduli Lansia

Jum'at, 26 Juni 2020 - 20:46 WIB
loading...
Saat Pandemi, Satgas Kampung Tangguh Peduli Lansia
Kalangan lanjut usia (lansia) dinilai memiliki risiko tinggi dan sangat rentan terhadap potensi terpapar virus Corona (Covid-19). Foto/SINDOnews
A A A
SIDOARJO - Pasca ultimatum Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan COVID-19 di Jawa Timur (Jatim), Tim Gugus Tugas COVID-19 Sidoarjo menggalakkan program peduli lanjut usia (lansia) di tengah pandemi COVID-19.

Melalui aksi peduli lansia ini, dilakukan berbagai upaya untuk menyenangkan hati dan meningkatkan imunitas tubuh lansia dilakukan. Seperti pemberian paket vitamin dan bingkisan makanan ke lansia. Khususnya yang tinggal di daerah zona merah penyebaran COVID-19. (Baca juga: Lansia Rentan Covid-19, Meutia Hatta Sebut Tiga Faktor Ini Harus Dijaga )

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sidoarjo melalui Satuan Tugas Kampung Tangguh, kini mulai mengoptimalkan aksi peduli lansia di tengah pandemi COVID-19. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan tingginya angka penyebaran virus COVID-19 di Jawa Timur, khususnya kalangan warga lanjut usia yang rentan terserang COVID-19.

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di desa, yang terdiri dari perangkat desa, dokter dan personel TNI/Polri secara bersamaan mendatangi rumah warga lansia/ khususnya yang tinggal di daerah zona merah penyebaran COVID-19.

Tidak hanya menyapa dan melihat langsung kondisi kesehatan warga lansia, Tim Gugus Tugas juga melakukan sesuatu yang bisa membuat hati lansia senang. Contohnya seperti memberikan bingkisan vitamin untuk dikonsumsi setiap hari dan serta pemberian bingkisan makanan.

Dengan menggunakan pendekatan emosi, sejumlah lansia di daerah zona merah penyebaran COVID-19 ini dicek kondisi kesehatannya melalui pemeriksaan suhu tubuh. Juga dilakukan pemberian masker sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Yakni, melalui program kampung tangguh peduli lansia ini, diharapkan lansia di sejumlah daerah zona merah di Sidoarjo di antaranya yakni di Waru, Taman dan Sidoarjo Kota, dapat lebih meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas sehingga tidak mudah terpapar COVID-19.

Dengan memberikan perhatian khusus ke kalangan warga lanjut usia ini maka diharapkan bisa menekan penyebaran virus COVID-19, yang selama ini didominasi oleh warga lanjut usia di atas 55 tahun. “Sakniki pun tenang Pak,” ujar seorang lansia, Sutiyah.

Sedangkan Kepala Desa Pepelegi Wahyudi mengatakan, lansia ini rawan dengan penyebaran COVID-19.

Menurut rencana, aksi Kampung Tangguh Peduli Lansia di tengah pandemi COVID-19 ini akan dilakukan merata di seluruh desa di Sidoarjo. Khususnya desa yang berada di wilayah zona merah penyebaran COVID-19, seperti di wilayah Kecamatan Waru, Taman dan Sidoarjo kota. Yakni dengan harrapan bisa menyelamatkan dan melindungi warga lanjut usia dari serangan virus COVID-19.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1179 seconds (0.1#10.140)