Di Tengah Pandemi, Unair Pilih Wisuda Secara Daring

Jum'at, 26 Juni 2020 - 20:25 WIB
loading...
Di Tengah Pandemi, Unair Pilih Wisuda Secara Daring
Ilustrasi wisuda Universitas Airlangga. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) pertamakalinya dalam sejarah mereka mengelar wisuda dengan metode daring. Pilihan ini dilakukan karena pandemi COVID-19 di Indonesia belum berakhir.

Wisuda daring mereka akan dilaksanakan Sabtu (26/6/2020). Meskipun dilakukan secara daring, momen sakral masih tetap dipertahankan. (Baca juga: Garda Depan Penanganan COVID-19, PPDS Unair Dapat Keringanan UKT )

Prosesi wisuda yang biasanya digelar di Gedung Airlangga Convention Center, kali ini dipindahkan ke masing-masing kediaman mahasiswa.

Direktur Pendidikan Unair Prof Bambang Sektiari mengatakan, ada beberapa pertimbangan wisuda ini tetap dilakukan meskipun secara daring. Salah satunya supaya tidak terjadi hambatan terkait kelulusan dan penggunaan ijazah oleh mahasiswa.

“Kami melakukan berbagai persiapan wisuda online. Kami usahakan tidak menguransi substansi dari wisuda offline, tetap memberikan kesan kesakralan dan marwah. Karena mungkin bagi beberapa mahasiswa wisuda hanya dilakukan sekali seumur hidup,” kata Bambang, Jumat (26/6/2020).

Menurut dia, wisuda daring kali ini ini tidak mengurangi substansi dari acara wisuda. Sebab prosesi wisuda dilakukan sesuai dengan pakem. “Mulai penyumpahan, janji wisudawan, dan berbagai prosesi pimpinan tetap ada. Mungkin ada beberapa prosesi yang kita kombinasikan,” jelas Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair ini.

Unair akan mewisuda sebanyak 704 mahasiswa. Mereka adalah 12 mahasiswa dari program D3-D4, 483 mahasiswa dari program S1, 190 mahasiswa dari program S2, dan 19 mahasiswa dari program S3. Meskipun dilaksanakan secara daring, pada wisuda nanti Rektor Unair akan melakukan interaksi kepada mahasiswa yang hadir secara daring.

Pada wisuda daring nanti juga ada mahasiswa yang akan mendapatkan penghargaan karena prestasi dan raihan yang telah didapat semasa duduk di bangku perkuliahan. Ada sebanyak 20 mahasiswa mendapat penghargaan sebagai wisudawan terbaik, dan 10 mahasiswa mendapat penghargaan sebagai wisudawan berprestasi.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)