Juara Desa Wisata Nasional, Goa Bau di Pangandaran Berhasil Serap Tenaga Kerja

Jum'at, 26 Juni 2020 - 10:52 WIB
loading...
Juara Desa Wisata Nasional, Goa Bau di Pangandaran Berhasil Serap Tenaga Kerja
Lokasi Objek Wisata Desa Kertayasa/SINDOnews/Syamsul Maarif, S.Sy
A A A
PARIGI - Goa bau yang ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran berhasil meraih juara pertama sebagai desa wisata tingkat nasional tahun 2019.

Prestasi tersebut diraih Desa Kertayasa dalam even lomba Desa Wisata Nusantara yang digelar oleh Kementerian Desa dan penganugrahan diserahkan di Sleman, Yogyakarta 10 Desember 2019.

Ketua BUMDES Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Teten Sutarjo, mengatakan, goa bau merupakan salah satu unit usaha yang dikelola oleh BUMDES berdiri pada tahun 2012. Inspirasi pengelolaan goa bau dimaksimalkan oleh masyarakat secara gotong royong dengan tekad mengoptimalkan potensi keindahan alam yang dimiliki.

"Pada tahun 1993 dibuka objek wisata green canyon, berkaca dari itu kami memiliki tekad untuk melakukan inovasi dan pemanfaatan goa bau," kata Teten.

Modal pertama merintis BUMDES dianggarkan dari Dana Desa senilai Rp50 juta pada 27 Nopember 2012 dan di akhir pembukuan tahun 2013 baru bisa menghasilkan pendapatan Rp60 juta.

Setiap tahun pendapatan BUMDES terus mengalami peningkatan yang signifikan dan mampu membuka unit usaha lain. "Unit usaha lainnya yang berhasil dikembangkan diantaranya, jasa wisata, body rapting, kios desa, warung BUMDES, penyewaan perahu, foto copy, BRI link," tambahnya.

Seiring berkembangnya unit usaha yang dikelola oleh BUMDES, secara otomatis bisa menyerap tenaga kerja masyarakat. "Kultur masyarakat di Desa Kertayasa bertani, setelah unit usaha BUMDES berhasil berkembang maka pelaku usahanya adalah masyarakat setempat," terangnya.

Teten menjelaskan, unit usaha yang dikembangkan BUMDES merupakan usaha yang belum ada di masyarakat, hal itu merupakan salah satu upaya agar tidak terjadi persaingan. "BUMDES ini diekelola oleh 9 orang dan berhasil mempekerjakan 150 warga setempat sebagai tim yang menjadi marketing dan pemandu," tegasnya.

Masyarakat di Desa Kertayasa yang mengenyam pendidikan SLTP dan SLTA sebagian besar memilih terlibat menjadi pekerja di unit BUMDES daripada pergi ke luar daerah.

Namun banyak juga yang pendidikannya sampai perguruan tinggi mengejar karir ke luar daerah. Kesuksesan pengelolaan BUMDES di Desa Kertayasa belajar dari permasalahan yang terjadi yang telah diperbaiki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2618 seconds (0.1#10.140)