Keberpihakan Kebijakan Bupati Pangandaran untuk Penderes Kelapa

Minggu, 28 November 2021 - 17:46 WIB
loading...
Keberpihakan Kebijakan Bupati Pangandaran untuk Penderes Kelapa
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata merancang pembudidayaan kelapa hibrida guna mendorong Kabupaten Pangandaran menjadi daerah sentra kelapa hibrida.
A A A
PARIGI - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata merancang pembudidayaan kelapa hibrida. Gagasan tersebut dirancang guna mendorong Kabupaten Pangandaran menjadi daerah sentra kelapa hibrida. Rencananya bibit kelapa hibrida asal Pangandaran tersebut bakal disertifikatkan.

"Sekarang sedang ditempuh tahapan dan prosedur sertifikasi Pohon Induk Terpilih (PIT) kelapa hibrida," kata Jeje.

Bupati dua periode tersebut menambahkan, kelebatan buah pohon kelapa hibrida tidak berbeda dengan pohon kelapa yang ada di masyarakat. Keunggulan pohon kelapa hibrida dengan ketinggian hanya 2 meter sudah berbuah dalam kurun waktu di bawah lima tahun sejak tanam. "Potensi dari pohon dan buah kelapa di Pangandaran manfaatnya sudah dirasakan masyarakat," ujarnya.

Banyak produk unggulan yang berbahan baku dasar buah kelapa, sehingga Jeje bertekad untuk melakukan peremajaan. "Selain jual beli butiran buah kelapa banyak olahan makanan yang memerlukan kelapa," tuturnya.

Sebagian masyarakat di Kabupaten Pangandaran menjadi penderes kelapa dan mengambil air nira untuk dijadikan gula merah. "Kalau pohon kelapa hibrida, penderes tidak usah memenjat pohon kelapa dengan ketinggian 17 meter," papar Jeje.

Selain itu bakal meminimalisir risiko kecelakaan penderes kelapa karena pohon kelapa hibrida pendek dan mudah untuk mengambil air nira. "Kami pernah melakukan study banding kebeberapa daerah dalam rangka mencari bibit kelapa yang berkualitas," terang Jeje.

Study banding yang dilakukan di antaranya ke daerah Menado dan Sukabumi hanya ingin tahu cara memperlakukan tanaman kelapa agar tumbuh bagus. "Sekarang di Pangandaran sudah ada kebun warga seluas 12 hektare dengan jumlah pohon kelapa hibrida 2.000 pohon dengan ketinggian hanya 2 meter," katanya.

Perkebunan kelapa hibrida itu akan di sertifikasi supaya masyarakat menanam dan tersebar luas pohon kelapa hibrida. "Jika pohon kelapa hibrida sudah menyebar luas dimasyarakat tingkat produksi gula merah bakal banyak dan jadi ketahanan ekonomi masyarakat," pungkasnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)