Hadiri Pembukaan PPAP 2022, Ini Pesan Plt Gubernur Jatim Emil Dardak

Kamis, 07 Juli 2022 - 11:39 WIB
loading...
A A A
"Kita harus menjadi pemuda yang memiliki wawasan kebangsaan, memiliki pemahaman mengenai keberagaman dan mengerti bahwa di balik keberagaman itu ada satu kesamaan cita-cita," tuturnya.

Tak hanya itu, Emil menekankan bahwa gerakan persatuan Indonesia berbeda dari unifikasi Korea atau Cina-Tiongkok. Ia kemudian mengutip Presiden Pertama RI Soekarno yang menyebut Indonesia bukanlah sekedar entitas geografis yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

"Beliau mengatakan Indonesia adalah sebuah konsep yang ingin menujukkan kepada dunia bahwa di tengah perbedaan geografis, perbedaan suku, perbedaan agama, dan perbedaan latar belakang, semua masyarakat ini bisa bersatu untuk mencapai cita-cita yang luhur mengesampingkan perbedaan. Inilah kehebatan negara kita yang kita cintai ini," imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni'am Sholeh yakin bahwa ke-34 pemuda-pemudi daerah yang mengikuti PPAP 2022 ini akan menjadi pemimpin masa depan.

"Ini adalah upaya untuk membangun SDM unggul demi Indonesia Maju. Kalau kita mencita-citakan Indonesia Emas pada 2045, usia adik-adik ini nantinya adalah 30-40 tahunan," katanya.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)