Sepekan Jelang Idul Adha, Wabah PMK Masuk Bali

Minggu, 03 Juli 2022 - 09:46 WIB
loading...
Sepekan Jelang Idul Adha, Wabah PMK Masuk Bali
Penyakit mulut dan kuku mulai masuk Bali menjelang Idul Adha.Foto/ilustrasi
A A A
DENPASAR - Sepekan menjelang Idul Adha , wabah penyakit kaki dan mulut (PMK) mulai masuk Bali. Sedikitnya 63 ekor sapi positif terinfeksi PMK.

"Hasil itu didapatkan dari pemeriksaan lab," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bali I Wayan Sunada, Minggu (3/7/2022).

Dia menjelaskan, sapi yang positif terinfeksi PMK tersebar di Gianyar (38 ekor), Buleleng (21 ekor) dan Karangasem (4 ekor). kasus pertama ditemukan di Gianyar awal bulan ini.

Baca juga: Tewaskan Korban, Jambret Pelajar di Solok Selatan Tertunduk Lesu Dicokok polisi

Guna mencegah penyebaran, baru 55 ekor sapi yang terinfeksi di Gianyar dan Buleleng telah dimusnahkan dengan cara dipotong paksa.

Selain itu, lalulintas perdagangan sapi baik masuk atau keluar dari Bali dihentikan sementara. "Ini agar tidak meluas," imbuh Sunada.

Dia mengatakan masih dilakukan penelusuran untuk memastikan asal muasal masuknya PMK ke Bali. "Masih kita telusuri jejaknya," ujarnya.

Sejauh ini, lalulintas perdagangan sapi masuk dan keluar dari Bali sudah melalui pemeriksaan ketat karantina di pelabuhan Gilimanuk, Padangbai dan Celukan Bawang. "Truk yang dipakai mengangkut selalu rutin disemprot disinfektan," jelasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8903 seconds (0.1#10.140)