Parepare Mulai Terapkan Identitas Digital Adminduk 

Jum'at, 01 Juli 2022 - 16:28 WIB
loading...
Parepare Mulai Terapkan Identitas Digital Adminduk 
Pemerintah Parepare akan menerapkan identitas digital untuk administrasi kependudukan. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare, mulai melakukan uji coba penerapan identitas digital penerbitan dokumen Administrasi Penduduk (Adminduk).

Kepala Dinas Dukcapil Parepare, Adi Hidayah Saputra mengatakan, uji coba identitas digital ini merupakan program dari Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Identitas digital ini, kata dia, dapat mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi.

Baca Juga: Polres Parepare Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair

"Untuk tahap awal, uji coba diterapkan dalam lingkup Dinas Dukcapil Parepare dan Aparatur Sipin Negera (ASN) lingkup Pemkot Parepare," kata Adi, Jumat (1/7/2022).

Penerapan identitas digital berbasis dapat didownload di playstore smartphone. Sehingga masyarakat yang menguasai dunia digital lebih mudah mengakses pelayanan publik dengan digital tanpa menggunakan fisik KTP-el dan Kartu Keluarga lagi.

Identitas digital, jelas Adi, berfungsi untuk pembuktian identitas digital yang dilakukan melalui verifikasi data identitas untuk pembuktian atas kepemilikan identitas digital tersebut.

“Identitas kependudukan digital akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses dokumennya setiap saat jika dibutuhkan. Tapi fisik dokumen kependudukan, tetap kita berikan," ujarnya.

Adi menambahkan, meski masih tahap awal, Disdukcapil tetap melakukan sosialisasi secara langsug dan tidak langsung kepada masyarakat terkait adanya penerapan identitas digital.

“Sosialisasi tetap kami lakukan, sehingga jika sudah ada petunjuk langsung diimplementasikan,” tandasnya.

Baca Juga: Pemkot Parepare Gelar Seleksi Guru Berprestasi
(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2475 seconds (11.210#12.26)