Rayakan milad, warga Aceh kibarkan bendera GAM

Rabu, 04 Desember 2013 - 15:14 WIB
Rayakan milad, warga Aceh kibarkan bendera GAM
Rayakan milad, warga Aceh kibarkan bendera GAM
A A A
Sindonews.com - Ribuan masyarakat Aceh dari berbagai daerah, hari ini memperingati hari deklarasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dipusatkan di Meureu, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

Peringatan yang dilangsungkan setiap tahun pada 4 Desember ini juga dihadiri Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang merupakan mantan Menteri Luar Negeri GAM era konflik Aceh.

Peringatan milad dilakukan dengan menggelar doa bersama untuk deklarator GAM almarhum Hasan Tiro, di kompleks makamnya. Menurut Zaini Abdullah, doa dipanjatkan sebab Hasan Tiro merupakan pejuang penegakkan keadilan di Aceh.

“Doa dan renungan hari ini bukan untuk mengusik konflik kembali di Aceh. Tidak juga bangkit kembali semangat perlawanan seperti dulu,” tegas Zaini, kepada wartawan, Rabu (4/12/2013).

Zaini berharap, peringatan milad tidak disalah artikan. ,Baginya milad tahun ini sekedar ziarah pada tokoh panutan masyarakat Aceh. Hasan Tiro ketika itu berjuang untuk keadilan masyarakat atas ketidakadilan pemerintah pusat.

“Perdamaian yang sudah kita raih tidak bisa dipisahkan dari semangat perjuangan Hasan Tiro,” katanya.

Milad mendapat pengawalan ketat aparat keamanan dari kepolisian maupun TNI bersenjata lengkap. Sempat terjadi ketegangan antara aparat dengan panitia. Brimob meminta penyelenggara menurunkan bendera GAM yang dikibarkan di lokasi.

Setelah melalui proses negosiasi puluhan bendera diturunkan. “Kita ingin ini berjalan lancer tanpa keributan jadi kita turunkan saja benderanya,” kata salah seorang mantan kombatan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5947 seconds (0.1#10.140)