Bencana Banjir Terjang Aceh Barat, Ribuan Rumah Terendam

loading...
Bencana Banjir Terjang Aceh Barat, Ribuan Rumah Terendam
Hujan lebat selama dua hari menyebabkan bencana banjir di tujuh Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Foto/iNews TV/Afsah
ACEH BARAT - Hujan lebat selama dua hari menyebabkan bencana banjir di tujuh Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Ribuan rumah warga dikepung banjir setinggi 50 cm hingga 1 meter. Sebagain warga nekat menerobos banjiruntuk mengungsi ketempat yang lebih tinggi.

Ratusan warga di kabupaten Aceh Barat terpaksa harus meninggal rumahnya akibat dikepung banjir. Warga mengungsi ketempat yang lebih tinggi mengingat ketinggian air yang terus meningkat. Kondisi diperparah dengan tingginya curah hujan yang turun hingga Selasa sore (28/7/2020). (Baca juga: Pulang dari Medan, Pasutri Lansia di Pekanbaru Tertular COVID-19)

Bencana Banjir Terjang Aceh Barat, Ribuan Rumah Terendam

Tujuh Kecamatan di Aceh Barat yang terendam banjir yakni Johan Pahlawan, Kaway XVI, Meureubo Pahlawan, Woyla Timur, Arongan Lambalek, Pante Ceureumen, dan Sungai Mas. Selain merendam ribuan rumah warga, banjir juga melumpuhkan akses jalan dan merendam harta benda warga. (Baca juga: Prajurit KKO Pengangkat Jenazah Pahlawan Revolusi Itu Terbaring Sakit)

Meski banjir telah merendam pemukiman, namun sayangnya tidak terlihat petugas yang membantu warga. Seperti di Desa Pasie Masjid, Kecamatan Muerebo Pahlawan, warga rela membawa anak dan barang mereka dengan alat seadanya di tengah banjir

Kepala Desa Pasie Masjid, Irmadi menjelaskan, masyarakat sangat berharap adanya bantuan, baik dalam proses evakuasi maupun tenda pengungsian mengingat debit air semakin meningkat.



Hingga Selasa malam (28/7/2020) wilayah Aceh Barat masih terus diguyur hujan lebat. Diprediksi bencana banjir semakin meluas. Karena itu, warga Aceh Barat harus meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca buruk terus terjadi beberapa hari ke depan.
(shf)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top