Panen Cabai Ratusan Kilogram, Wakil Bupati Jayapura Ajak Petani Seriusi Pertanian

Kamis, 23 Juni 2022 - 11:10 WIB
loading...
Panen Cabai Ratusan Kilogram, Wakil Bupati Jayapura Ajak Petani Seriusi Pertanian
Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro melakukan penen raya cabai di Kampung Benyom Jaya Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Rabu 22 Juni 2022. Foto SINDOnews
A A A
SENTANI - Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro melakukan penen raya cabai di Kampung Benyom Jaya Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Rabu 22 Juni 2022.

Panen raya yang dilakukan di lahan sekitar 2 hektare milik kelompok tani warga Nimbokrang ini adalah binaan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura dengan pendanaan pribadi darinya. Kelompok tani ini mampu memanen sebanyak 120 kilogram pada lahan tersebut.



"Kalau kita panen satu hektare ini bisa dapat sekitar 200 kilogram bahkan lebih, dan untuk penghasilannya itu bisa mencapai empat puluh juta perbulannya,” katanya.
Dengan hasil tersebut, dirinya menyampaikan kepada para petani termasuk petani orang asli Papua (OAP) agar bisa memanfaatkan lahan tidurnya.

“Melalui usaha pertanian ini, saya ingin memperlihatkan bahwa inilah wujud dari karya nyata memberdayakan ekonomi masyarakat lewat bidang pertanian,” tandasnya.

Dikatakan, jika penanaman cabai yang dilakukan menunggunakan pupuk organik dan menggunakan pengairan semi otomatis.

“Dari rencana duabelas hektare, yang sudah kita penen itu ada dua hektare. Saat ini kita panen yang kedua kalinya. Jadi kita gunakan pupuk organik, itu dari tembakau dan kotoran kambing. Pupuk lalu dilarutkan dan digunakan untuk memupuk cabai," jelasnya.

"Jangan takut mencoba, lahan-lahan tidur itu dibuka lagi lalu ditanami. Saya dan kelompok tani di sini sudahh memberikan contoh. Kami sangat berharap Nimbokrang pertaniannya bisa kembali bangkit, termasuk saudara kami petani OAP," ucapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)