Catat Tanggalnya! Ini Jadwal Uji Coba dan Pelaksanaan PPDB SD dan SMP di Makassar

Senin, 13 Juni 2022 - 17:28 WIB
loading...
Catat Tanggalnya! Ini Jadwal Uji Coba dan Pelaksanaan PPDB SD dan SMP di Makassar
Dinas Pendidikan Kota Makassar mulai melakukan uji coba atau simulasi terkait PPDB tingkat SD dan SMP. Uji coba ini dilakukan sebelum PPDB resmi dimulai pada 20 Juni 2022 mendatang. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Dinas Pendidikan Kota Makassar mulai melakukan uji coba atau simulasi terkait pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Uji coba ini dilakukan sebelum PPDB resmi dimulai pada 20 Juni 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, berujar uji coba akan dilakukan selama sepekan, mulai tanggal 13 hingga 18 Juni 2022. Uji coba bisa dilakukan pada laman simulasippdb.makassarkota.go.id, mulai Senin (13/6/2022) pukul 18.00 WITA.



"Simulasi itu bertujuan untuk mengetahui kesiapan server sebelum masyarakat mulai mendaftar PPDB, juga supaya masyarakat paham terkait alur pendaftaran nantinya," ungkap Muhyiddin.

Selain itu, pelatihan kepada seluruh operator sekolah juga sudah dilakukan agar proses PPDB nantinya tak ada kendala, dan kesalahan di tahun-tahun sebelumnya bisa diminimalisir.

Diketahui, Disdik Makassar membuka tiga jalur pendaftaran untuk tingkat SD yakni Zonasi, Afirmasi, dan Perpindahan. Sementara untuk tingkat SMP dibuka empat jalur, yaitu jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan, dan Jalur Prestasi.

Untuk tingkat SD, jalur zonasi disiapkan kuota sebesar 75%, jalur Afirmasi sebesar 20%, dan jalur perpindahan 5%. Sementara untuk tingkat SMP, jalur zonasi disiapkan kuota sebesar 70%, jalur Afirmasi sebesar 20%, dan jalur perpindahan 5%, dan jalur prestasi 5%.

Untuk jalur zonasi, pendaftarannya akan dimulai pada 20-24 Juni 2022, lalu pengumuman pada 25 Juni 2022, dan pendaftaran ulang digelar pada 25-28 Juni 2022.

Pembagian zonasi ini dibagi ke dalam enam wilayah zonasi berdasarkan kecamatan. Zonasi I terdiri atas Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea, dan Panakkukang.

Zonasi II terdiri atas Kecamatan Bontoala, Tallo, Ujung Pandang, dan Wajo. Zonasi III terdiri atas Kecamatan Makassar, Mamajang, Ujung Pandang, Mariso, Rappocini dan Wajo. Zonasi IV terdiri atas Kecamatan Manggala, Panakkukang, dan Rappocini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2980 seconds (0.1#10.140)