Siti Maemunah, Satu-satunya Siswi Baru SDN 4 Dimoro Grobogan Hasil PPDB 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 09:43 WIB
loading...
Siti Maemunah, Satu-satunya...
Siti Maemunah satu-satunya siswi SDN 4 Dimoro di Kabupaten Grobogan hasil PPDB 2024. Foto: iNews TV/Rustaman Nusantara
A A A
GROBOGAN - Tahun ajaran baru 2024 bagi siswa baru sudah mulai berjalan sejak pekan lalu. Namun, kondisi miris terjadi di ruangan kelas 1 SDN Dimoro, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobongan, Jawa Tengah.

Bagaimana tidak, ruangan kelas 1 SD hanya ada dua orang dalam ajaran baru tahun 2024 ini. Dua orang Siswi tersebut Maemunah dan guru kelas Sumiyati. Sebab, SDN 1 di PPDB 2024 hanya mendapatkan satu siswa.

Meski hanya dapat satu siswa, guru tetap mengajar dengan semangat dan riang gembira. Siti Maemunah bergabung dengan teman-teman dari kelas dua hingga enam untuk mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama beberapa hari.



Kepala sekolah SD Negeri 4 Dimoro, Ana Riyanti, menjelaskan bahwa setiap tahun sekolah ini selalu kekurangan murid. Pada tahun 2022, hanya ada empat siswa yang mendaftar, kemudian meningkat menjadi delapan murid pada tahun 2023.

Namun, tahun ini, jumlah siswa yang mendaftar menurun drastis. Kepala sekolah mengaku lega setelah ada satu siswa yang mendaftar. ”Dari tahun ke tahun, SD Negeri 4 Dimoro selalu kekurangan murid. Tahun ini, ada satu siswa yang mendaftar,” kata Ana, Selasa (23/7/2024).

Ana Riyanti dan seluruh guru di sekolah ini telah membuat daya tarik untuk siswa baru dengan memberikan perlengkapan sekolah seperti seragam dan sepatu baru secara gratis. Untuk mewujudkan rencana tersebut, mereka melakukan iuran tiap tahun untuk membeli perlengkapan.



Namun, hingga kini upaya tersebut belum membuahkan hasil. Posisi bangunan sekolah yang berada di tengah persawahan dan jauh dari rumah warga membuat orang tua murid enggan mendaftarkan anak-anak mereka di sekolah ini dan memilih sekolah yang lebih dekat.

Dengan adanya satu siswa ini, wali kelas merasa tidak ada masalah dan bahkan lebih bisa fokus dan mencurahkan perhatian ke siswa saat mengajar.

Siti Maemunah, siswi satu-satunya yang menempati ruang kelas satu ini, mengaku tetap semangat untuk belajar. “Saya tetap semangat untuk belajar meski tidak ada teman lainnya,” kata Siti Memunah kepada wartawan.

Tahun ajaran baru 2024 kali ini, jumlah siswa SD Negeri 4 Dimoro, Kecamatan Toroh, Grobogan, Jawa Tengah, adalah 21 orang. Untuk kelas satu ada satu siswa, kelas dua delapan siswa, kelas tiga dan empat ada empat siswa, sementara kelas lima dan enam terdapat dua siswa.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)