15 Orang Belum Ditemukan, Basarnas Tutup Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi

Senin, 06 Juni 2022 - 16:31 WIB
loading...
A A A
"Untuk hari ini cuaca pun masih bagus tidak ada kendala hingga pencarian hari kesembilan. Semua cuaca bagus gelombang juga begitu signifikan 0,5 meter ketinggiannya, tidak terlalu mempengaruhi timsar dalam melakukan pencarian," tutupnya.



Sementara, Analis Pencarian dan Pertolongan Basarnas Makassar, Wahid DJ menekankan pihaknya masih melakukan pencarian. Wahid berharap ada korban yang kembali ditemukan di hari ke-10 pencarian pada hari ini, Senin (6/6/2022).

"Hari ke-10. Jangan bilang hari terakhir karena siapa tahu hari ini ada tanda-tanda," ucap Wahid DJ saat dikonfirmasi.

Dia menuturkan secara umum faktor cuaca turut mempengaruhi upaya pencarian korban KM Ladang Pertiwi. Angin laut hingga ketinggian ombak menyulitkan Tim SAR gabungan saat di laut. "Proses pencarian yang terkendala itu misalnya cuaca buruk, jarak pandang tak bisa terlihat, atau angin (kencang), ombak," tutur dia.

Belum lagi pihaknya menduga, sejumlah korban terbawa arus bawah laut hingga sulit ditemukan. Namun dia meyakini korban ditemukan tinggal menunggu waktu saja. "Kemungkinan juga karena seumpamanya arus bawah kan kita tidak tahu kan. Cuman kalau tenang di atas permukaan laut, di bawah kita tidak tahu," urai Wahid.

Sementara itu, perpanjangan operasi pencarian masih akan dipertimbangkan. Pihaknya memastikan akan terus melakukan pencarian terhadap korban sampai ada kebijakan lebih lanjut. "Belum ada rencana perpanjangan masa pencarian, nanti dilihat situasi hari ini," tandasnya.



Sebelumnya, operasi pencarian korban kapal tenggelam KM Ladang Pertiwi akan kembali berakhir setelah diperpanjang tiga hari sejak Jumat (3/6/2022) lalu. Masa perpanjangan ini mempertimbangkan masih banyaknya korban belum ditemukan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3303 seconds (0.1#10.140)