Sempat Dikerangkeng di Bogor, Kaka Segera Dilepaskan ke Hutan di Sumut

Selasa, 31 Mei 2022 - 17:06 WIB
loading...
Sempat Dikerangkeng di Bogor, Kaka Segera Dilepaskan ke Hutan di Sumut
Orangutan Sumatera berusia tiga tahun, segera dilepas liarkan oleh Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara. Foto/BBKSDA Sumut
A A A
DELI SERDANG - Kaka, seekor orangutan Sumatera (Pongo abelii) berjenis kelamin jantan yang telah berusia tiga tahun, bakal dilepas liarkan ke habitatnya. Sebelum diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Kaka sempat dipelihara di Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Penampakan Orangutan Nyasar di Perkebunan Sawit, Akhirnya Dievakuasi dan Dilepasliarkan

Kaka diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta, menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-0182, dan tiba di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (31/5/2022).



Plt Kepala BBKSDA Jawa Barat, Hendra Wijaya menyampaikan, Kaka adalah orangutan Sumatera, berjenis kelamin jantan hasil penyerahan sukarela oleh seorang warga di Bogor.

Baca juga: Kisah Ranggawarsita, Pujangga Sakti dari Surakarta yang Ramalkan Kemerdekaan Indonesia dan Kematiannya Sendiri

Setelah melalui pendekatan persuasif yang dilakukan oleh tim gugus tugas penyelamatan satwa BBKSDA Jawa Barat, akhirnya warga pemelihara satwa dilindungi tersebut menyerahkannya kepada petugas pada 7 Januari 2022 lalu.

Selanjutnya Kaka dititip rawat di Pusat Rehabilitasi Satwa Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) di Ciapus-Bogor. Di Pusat Rehabilitasi YIARI, Kaka menjalani perawatan dan sejumlah pemeriksaan kesehatan.

Untuk keperluan identifikasi lanjutan, sampel darah diperiksa di Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman pada 23 Februari 2022. "Dari tes genetik yang dilakukan, diketahui orangutan ini dalam keadaan sehat dan berasal dari Sumatera (Pongo abelli) area Aceh bagian utara. Sehingga harus segera dilepasliarkan ke tempat asalnya," ujar Hendra Wijaya, di Terminal Cargo Bandara Kualanamu.

Baca juga: Viral Konvoi Khilafah Gegerkan Brebes, Ini Kesaksian Warga
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1138 seconds (10.177#12.26)