Otban Wilayah V Makassar Periksa Kesiapan Operasional Bandara Toraja

Senin, 22 Juni 2020 - 17:40 WIB
loading...
Otban Wilayah V Makassar Periksa Kesiapan Operasional Bandara Toraja
Kepala Otban Wilayah V Makassar, Baitul Ihwan didampingi Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Pongtiku Tana Toraja, Jafriadi Mappeare dan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara. Foto: SINDOnews/Joni Lembang
A A A
TANA TORAJA - Otoritas Bandara (Otban) Wilayah V Makassar melakukan inspeksi ke Bandara Baru Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Senin (22/6/2020).

"Inspeksi ini untuk melihat persiapan dan kesiapan menjelang pengoperasian BBK (Bandara Buntu Kunik) yang rencananya akan diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Agustus mendatang," ujar Kepala Otban Wilayah V Makassar, Baitul Ihwan.



Dia mengatakan Otban Wilayah V Makassar menurunkan lima bidang inspektur untuk melakukan penelitian, pengkajian dan evaluasi kesiapan dari BBK. Dalam beberapa hari ke depan, tim Inspektur Otban Wilayah V Makassar akan mengecek kesiapan runway, taxi way serta infrastruktur lainnya yang terkait dengan teknis kebandaraan.

Hasil pengamatan di lapangan, lanjut Baitul Ihwan, dari aspek teknis, pembangunan bandara baru Toraja sudah mencapai 80%. Runway yang sudah siap sepanjang 1.600 meter. Dengan kondisi saat ini, dalam waktu singkat, pekerjaan yang masih tersisa 20% lagi bisa diselesaikan sebelum bandara baru diresmikan yang dijadwalkan bulan Agustus. Namun begitu, kepastian bandara baru Toraja beroperasi menunggu hasil evaluasi dan kajian tim Inspektorat Otban.

"Hasil dari evaluasi yang dilakukan para Inspektur Otban menjadi data awal siap tidaknya bandara baru Toraja dioperasikan," ujarnya.

Selama kunjungan kerjanya di lokasi BBK, Kepala Otban Wilayah V Makassar, Baitul Ihwan didampingi Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Pongtiku Tana Toraja, Jafriadi Mappeare dan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara.



"Pemkab Tana Toraja berterima kasih atas kunjungan Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar untuk melihat langsung persiapan dan kesiapan pengoperasian bandara baru Toraja. Semoga, rencana peresmian bandara baru Toraja oleh Bapak Presiden Joko Widodo bisa terlaksana sesuai rencana bulan Agustus mendatang," ujar Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)