12 November, Presiden Jokowi Resmikan Tol Layang Makassar dan Bandara Toraja

loading...
12 November, Presiden Jokowi Resmikan Tol Layang Makassar dan Bandara Toraja
Suasana Bandara Toraja yang baru dirampungkan. Rencananya Presiden Jokowi diagendakan meresmikan bandara Toraja dan tol layang di Makassar. Foto:Dok/Sindonews
MAKASSAR - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) diagendakan bakal meresmikan dua proyek strategis di Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni, Jalan Tol Layang AP Pettarani di Kota Makassar. Dan peresmian pemanfaatan Bandar Udara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Kamis, 12 November 2020 mendatang.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah memastikan agenda tersebut. Meski diakui persiapan penyambutan kunjungan kerja Presiden masih sementara dimatangkan. "Biar difinalkan dulu. Karena masih ada yang belum tuntas, tapi (jadwal kunjungannya) sudah fiks," ujar Nurdin usai menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah oleh Presiden RI secara virtual di Hotel Claro Makassar, Senin (9/11/2020).

Dia menambahkan, untuk sementara Presiden Jokowi hanya meresmikan dua proyek tersebut. "Bandara Toraja dan tol layang. Itu saja," tandas Nurdin. (Baca Juga: Gubernur Tinjau Progres Pembangunan Titik Nol dan Jalur Pedestrian Wisata Bira)

Sekadar diketahui, Bandara Buntu Kunik Toraja dibangun di atas tanah seluas 141 hektare. Dengan panjang landasan pacu pada tahap awal sepanjang 1.600 meter yang bisa didarati pesawat jenis ATR.



Dengan luasan apron 94,5 x 67 meter dan taxiway 124,5 x 15 meter persegi. Sedangkan luas bangunan terminal sekitar 1.000 meter persegi yang mampu menampung 150 penumpang. (Baca Juga: Peresmian Bandara Toraja Masih Tunggu Kesiapan Presiden Jokowi)

Pada tahun 2018, pembangunan tahap I dilanjutkan oleh pemerintah pusat, hingga akhirnya rampung pada pertengahan tahun 2020. Tahap selanjutnya, akan dibangun perpanjangan runway hingga 2.000 meter. Ditargetkan pesawat berkapasitas besar seperti Boeing 737 dapat mendarat di Bandara Buntu Kunik.

Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan sebelumnya telah melakukan uji coba runway atau landasan pacu Bandara Udara Toraja pada Rabu (12/8) lalu. Menyusul kemudian, pesawat ATR 72-600 milik maskapai Wings Air juga melakukan uji coba penerbangan untuk rute Makassar-Toraja, Kamis (20/8).



Saat ini penerbangan reguler untuk Makassar-Toraja sudah beroperasi. Dengan layanan frekuensi penerbangan empat kali seminggu. Maskapai Wings Air telah melakukan penerbangan perdana reguler yang dimulai Jumat (4/9) lalu. (Baca Juga: Perum Damri Akan Layani Angkutan Penumpang di Bandara Toraja)
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top