Menengok Lokasi Syuting Desa Penari dalam Film KKN Desa Penari

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:19 WIB
loading...
Menengok Lokasi Syuting Desa Penari dalam Film KKN Desa Penari
Salah satu rumah yang digunakan untuk syuting film KKN Desa Penari.(MPI/erfan erlin)
A A A
YOGYAKARTA - Film KKN Desa Penari menjadi film produksi anak bangsa yang paling banyak diburu di bioskop-bioskop tanah air. Tak ada yang menyangka jika lokasi pengambilan gambar alias syuting lebih banyak di DIY. Padahal film tersebut berlatar cerita di Jawa Timur.

Pengambilan gambar justru ada di Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan juga Sleman. Di Kabupaten Gunungkidul diantaranya di Dusun Ngluweng Kalurahan Ngleri Kapanewon Playen dan di Hutan Wanagama. Sementara di Bantul lokasi syuting ada di Hutan Pinus Mangunan dan wisata Sungai Batu Kapal Piyungan. Sementara di Sleman ada di Kalikuning.

Baca juga: Harus Hati-hati Mengeluarkan Fatwa, TGB: Obat Saja Harus Ada BBPOM

Di Dusun Ngluweng Kalurahan Ngleri Kapanewon Playen Gunungkidul, warga sendiri tidak menyangka jika wilayah mereka dijadikan lokasi syuting film yang kini tengah ngehit tersebut. Dusun ini ternyata menjadi lokasi perkampungan dalam film KKN Desa Kenari.

Dusun Ngluweng, Istri Rahayu mengaku tidak mengetahui alasan mengapa wilayahnya dijadikan lokasi syuting Film KKN Desa Penari. Hanya saja memang ada dua rekannya yang mendatanginya untuk survei lokasi syuting sebuah film.

"Ya itu yang bawa kenalan saya. Mereka bilang jika dusun sini mau dijadikan lokasi syuting Film KKN Desa Penari,"ujar dia, Senin (16/5/2022) malam.

Setelah melalui survei beberapa kali, akhirnya syuting dilaksanakan. Syutingnya sendiri dilaksanakan pada bulan November 2019 yang lalu. Kala itu, pandemi COVID-memang sudah menjalar di sejumlah daerah termasuk di Gunungkidul.

Saat itu, ia berkenan memberikan ijin jika ijin dari pemerintah Kalurahan turun. Namun jika tidak maka ia tidak berani memberikan tempat untuk syuting film ini. Dan akhirnya syutingpun dimulai karena pemerintah Kalurahan memberikan ijin.

Di Dusun tersebut kru sama artis pemeran utama Film KKN Desa Penari tinggal selama sebulan untuk menyelesaikan syuting. Berbagai properti yang digunakan untuk syuting film tersebut diproduksi di dusun tersebut.

"Itu kendalanya karena hujan jadi molor 1 bulan. Katanya kalau ndak hujan ya bisa selesai 5 hari. Dan kalau bulan november kan musim penghujan,"ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)