Antisipasi Penyebaran COVID-19, Pemkab Aceh Selatan Gelar Rapid Test Massal

Jum'at, 19 Juni 2020 - 15:12 WIB
loading...
Antisipasi Penyebaran...
Antisipasi Penyebaran COVID-19, Pemkab Aceh Selatan Gelar Rapid Test Massal. Foto/SINDOnews/Ichdar Ifa
A A A
ACEH SELATAN - Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Selatan menggelar rapid test massal dengan menyasar sejumlah perkantoran sebagai antisipasti penyebaran COVID-19 sebelum diterapkannya tananan new normal di Aceh Selatan.

Adapun sasaran rapid test menyasar sejumlah perkantoran di Tapaktuan. Untuk tahap awal tim melakukan pemeriksaan ke sejumlah kantor yang melayani masyarakat yakni, kantor pelayanan perizinan terpadu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Samsat.

Sebelum dilakukan pemeriksaan petugas meminta keterangan mengenai kesehatan dan riwayat perjalanan.

Selanjutnya, dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap petugas melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel darah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara di sejumlah perkantoran belum ditemukan adanya kasus. Namun, jika ditemukan hasil pemeriksaan rapid test reaktif maka dilakukan tes lanjutan swab.

Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan Novi Rosmita menyatakan, pemeriksaan akan dilakukan secara bertahap sebelum dilakukan tatanan new nromal di Kabupaten Aceh Selatan. (Baca juga: Tolak 500 TKA China, Massa HMI Ricuh di Kantor Bupati Konawe)

"Selain perkantoran, rapid test nantinya dilakukan juga kepada traveller yang berasal dari zona merah, dan lansia yang memiliki anggota keluarga traveller Dayah, para pedagang, supermarket dan tenaga kesehatan dan petugas penanganan COVID-19 di wilayah Aceh Selatan," jelasnya.
(boy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)