Hujan Lebat dan Angin Kencang Porak-porandakan 70 Rumah Warga di Cirebon

Rabu, 20 April 2022 - 11:16 WIB
loading...
Hujan Lebat dan Angin Kencang Porak-porandakan 70 Rumah Warga di Cirebon
Bangunan rumah warga dan pabrik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, rusak parah akibat hujan lebat disertai angin kencang. Foto/iNews TV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan puluhan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Bencana angin kencang dan hujan lebat ini, terjadi Selasa (19/4/2022) petang, dan hingga Rabu (20/4/2022) puing-puing rumah dan pabrik masih berserakan.



Sebuah pabrik tempat pembuatan kerajinan rotan, rata dengan tanah akibat angin kencang dan hujan lebat tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun salah satu warga mengalami luka sobek di kepala setelah diterjang atap berbahan aluminium yang berterbangan.



Bencana angin kencang dan hujan lebat ini, paling parah terjadi di Desa Lurah, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon. Angin yang bertiup dari arah selatan ke utara, dengan cepat menyapu rumah, pabrik hingga tempat usaha yang dilintasinya.



Bahkan kengerian saat bencana angin kencang disertai hujan lebat tersebut, terekam video amatir warga. Dalam video tersebut, terlihat angin kencang menerbangkan kanopi milik pabrik rotan.

Korlap BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan mengatakan, dari catatan BPBD Kabupaten Cirebon, ada 70 rumah warga di enam desa yang mengalami kerusakan akibat angin kencang disertai hujan lebat ini.

Hujan Lebat dan Angin Kencang Porak-porandakan 70 Rumah Warga di Cirebon


"Kondisi terparah dialami Desa Lurah. Ada puluhan rumah dan tempat usaha, pabrik, serta sekolah yang rusak diterjang angin kencang dan hujan lebat. Satu tempat usaha sampai ambruk hingga rata dengan tanah, setelah angin kencang menerbangkan pohon dan menerjang tembok tempat usaha penganyaman rotan tersebut," tutur Faozan.



Saat ini Tim BPBD Kabupaten Cirebon, bersama masyarakat masih melakukan pendataan di lapangan terkait dampak bencana angin kencang disertai hujan lebat tersebut. Petugas juga mengimbau masyarakat, untuk tetap waspada mengingat hujan lebat dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Cirebon.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2519 seconds (0.1#10.140)