Meriah, Pawai Budaya dan Tarian Toraja-Papua Sambut HUT ke-18 PMTI

Senin, 18 April 2022 - 23:41 WIB
loading...
Meriah, Pawai Budaya dan Tarian Toraja-Papua Sambut HUT ke-18 PMTI
Pawai budaya dan tarian Toraja-Papua memeriahkan HUT ke-18 PMTI di Kompleks Pasar Seni Kota Makale, Tana Toraja, Senin (18/4/2022). Foto: iNewsTV/Jufri Tonapa
A A A
TANA TORAJA - Open Ceremony Perayaan Paskah , Hari Kartini, HUT ke-18 dan Kongres I Pemuda Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) digelar meriah di Kompleks Pasar Seni Kota Makale, Tana Toraja , Senin (18/4/2022).

Diawali pagi hari dengan pawai budaya dari 21 tim rombongan peserta devile yang mulai start dari Pasar Seni Makale berputar di Plaza Kolam Makale, dan disaksikan Pengurus Pusat PMTI serta jajaran Forkopimda Tana Toraja.

Meriah, Pawai Budaya dan Tarian Toraja-Papua Sambut HUT ke-18 PMTI



Peserta sebanyak 2.400 orang dari 21 tim devile pawai budaya dari pengurus pusat PMTI, TP PKK Tana Toraja dan Toraja Utara, PWGT, GMKI, GMNI, Kontingen Kibaid dan Muslim, Umat Katolik Kevikepan Toraja dan masih banyak lainnya.

Setelah penampilan pawai budaya, dilanjutkan ibadah pembukaan perayaan Paskah, Hari Kartini, HUT ke-18 dan Kongres I Pemuda PMTI oleh segenap pengurus pusat PMTI, panitia loka dan para tamu undangan.

Tamu undangan hadir jajaran dewan penasehat dan dewan pertimbangan PMTI, perwakilan Kapolda Sulsel, Senator DPD RI Sulsel, Lily Amelia Salurapa, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Forkopimda, pengurus Gereja Toraja, pemuka agama, tokoh pemuda, pengurus pusat PMTI, pengurus PMTI Sulbar, TP PKK Tana Toraja dan Toraja serta masih banyak lainnya.

Ketua Umum PMTI, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan karena banyaknya Diaspora ingin pulang kampung karena rindu dengan kampungnya yakni Toraja.

“Masih banyak pengurus di luar daerah Toraja yang punya tugas, sehingga kami kurang lebih 100 orang mewakili rekan-rekan PMTI hadir di Tana Toraja ini,” ujarnya.



Yulius Selvanus Lumba menyampaikan, berbagai kegiatan digelar PMTI di Toraja sebagai bagian untuk memeriahkan HUT, meningkatkan ekonomi dan pariwisata Tana Toraja dan Toraja Utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)