Pesantren Entrepreneur Gembleng Santri Berjiwa Berbisnis, Per Bulan Berpenghasilan hingga Rp3 Juta

Sabtu, 09 April 2022 - 15:51 WIB
loading...
A A A
"Jadi yang kita ajarkan bagaimana cara berjualan lewat facebook, instagram, marketplace dan sebagainya,” ujarnya.

Untuk mendukung jiwa berwira usaha itu, Pesantren Enterprenuer juga membuka kafe di lingkungan pondok yang diberi nama Masteng yang buka dari jam 11.00 hingga pukul 20.00.

Makanan yang disajikan menu ringan, seperti kopi, mie dan sebagainya. Para penjaga atau pengelolanya para santri.

Terkait dengan kegiatan di bulan Ramadhan ini Agus menjelaskan, seperti halnya pondok pesantren pada umumnya. Dimulai dari sahur bersama para santri, kemudian dilanjutkan sholat subuh berjamaah.

Pada pagi dilanjutkan dengan pengajian, taklimul taklim sampai jam 06.00 WIB. "Yang ngisi Kyai Mutaqin salah seorang pengasuh. Selesai pengajian kemudian dilanjutkan bersih-bersih lingkungan. Selanjutnya masuk sekolah atau kuliah, karena sudah banyak yang masuk (pertemuan tatap muka),” jelasnya.



Kemudian kegiatan keagamaan dilanjutkan bada ashar dengan ngaji quran (TPQ). Para santri mengajari anak-anak di sekitar lingkungan pondok hingga jam 17.00. Kemudian dilanjutkan muqtaklim dan buka bersama serta dilanjut dengan sholat taraweh.

"Di Masjid Klenteng ini tiap hari buka bersama dengan anak di lingkungan sekitar yang ikut TPQ atau masyarakat yang datang ke masjid,” pungkasnya.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2577 seconds (0.1#10.140)