Lagi Gegara BLT, Warga Hutadame Mandailing Blokade Jalinsum

Kamis, 18 Juni 2020 - 13:28 WIB
loading...
Lagi Gegara BLT, Warga Hutadame Mandailing Blokade Jalinsum
Diduga penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana bantuan sosial penanganan Covid-19 tidak merata, warga Desa Hutadame/Aek Bingke Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal (Madina) Sumut memblokade Jalinsum. (Foto/Okezone/Liansah Rangkuti)
A A A
MANDAILING NATAL - Diduga penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana bantuan sosial penanganan Covid-19 tidak merata, warga Desa Hutadame/Aek Bingke Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumut memblokade Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Informasi dihimpun, jumlah penerima BLT yang bersumber dari dana desa di Hutadame sebanyak 56 kepala keluarga (KK). Dan setelah dilakukan musyawarah desa, yang mendapat menjadi 130 KK dengan besaran Rp237 ribu setiap kepala keluarga.

Tak puas warga lalu memblokade jalan dan membakar pos jaga di pinggir jalan lintas Sumatera. Aksi tersebut mereka lakukan disebabkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang tidak merata. Warga meminta supaya kepala desa Albert Sihombing turun dari jabatannya. (BACA JUGA: Tak Terima Rekannya Ditangkap Polres Tapsel, Warga Blokade Jalinsum hingga 3 Jam)

Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi yang dihubungi Wartawan Kamis (18/6/2010) membenarkan, aksi demo dengan blokade jalan yang dilakukan warga Hutadame. Ia menyebut pihaknya sudah membuka blokade jalan.

“Iya, jalan diblokade dan personel kita sudah di lokasi. Blokade jalan sudah dibuka. Soal penyebabnya kita masih selidiki,” kata Horas.

Pantauan Wartawan, aksi blokade jalan dimulai sekitar pukul 8.30 Wib dan berhasil dibuka sekitar pukul 11.20 WIB, dan masyarakat beserta Muspika sedang melakukan musyawarah di balai desa Hutadame.

Camat Panyabungan Utara Ridho Fahlevi Lubis, mengatakan aksi blokade jalan tersebut berkaitan dengan penyaluran BLT.
(BACA JUGA: Pangdam Siliwangi Dorong Kampus di Jabar Gelar Rapid Test Gratis)

“Informasinya begitu, soal penyaluran BLT. Kami sekarang sedang berusaha menenangkan warga. Nanti kami jelaskan apa permasalahan yang sesungguhnya,” timpal Ridho
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)