Udara & gas di pemukiman Kawah Limbang diteliti

Sabtu, 16 Maret 2013 - 16:43 WIB
Udara & gas di pemukiman Kawah Limbang diteliti
Udara & gas di pemukiman Kawah Limbang diteliti
A A A
Sindonews.com - Tim Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular BBTKL PPM Yogyakarta melakukan pemeriksaan kandungan gas di area pemukiman warga di sekitar Kawah Timbang Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Hal itu, dilakukan lantaran aktivitas Kawah Timbang yang semakin meningkat. Pemeriksaan tersebut, dilakukan untuk mendeteksi secara dini adanya kandungan gas berbahaya di lokasi pemukiman.

Pengujian tersebut, dilakukan di dua titik pemukiman warga. Yakni, di Dusun Simbar dan Desa Sumberejo yang berjarak dua kilo meter dari area Kawah Timbang.

Menurut Kepala Instalasi BBTKL PPM Yogyakarta, Mingnova Sutopo, tim ahli yang terdiri dari tujuh orang tersebut memeriksa kandungan co2, co, dan kelembaban yang ada di lokasi pemukiman.

"Tim juga mengambil sampel udara di sekitar kawah timbang untuk di teliti. Hasil pengujian udara di pemukiman sekitar Kawah Timbang, baru di dapat dua hari mendatang setelah di lakukan uji laboratorium," jelas Mingnova, Sabtu (16/3/2013).

Menurutnya, hingga saat ini Kawah Timbang masih dalam status waspada. Gas co 2 masih terus keluar dari Kawah Timbang. Dan radius aman masih di berlakukan 500 meter dari pusat semburan Kawah Timbang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4222 seconds (0.1#10.140)