Semburan Gas di Pesantren Al Ihsan Pekanbaru Beracun, Santri Diungsikan

Jum'at, 05 Februari 2021 - 18:37 WIB
loading...
Semburan Gas di Pesantren Al Ihsan Pekanbaru Beracun, Santri Diungsikan
Dinas ESDM Provinsi Riau telah memeriksa semburan gas berbahaya dan beracun di Pondok Pesantren Al-Ihsan, Kota Pekanbaru. Foto/Banda Haruddin Tanjung
A A A
PEKANBARU - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau telah memeriksa semburan gas di Pondok Pesantren Al Ihsan, Kota Pekanbaru . Hasil pemeriksaan sementara diketahui gas keluar dari dalam tanah merupakan berbahaya.



"Tim ESDM sudah mengecek lokasi. Ditemukan pada jarak 5 meter kandungan LEL 13 persen dan H2S 1ppm. Artinya gas tersebut cukup berbahaya, potensi terbakar dan beracun," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov Riau, Chairul Rizki, Jumat (5/2/2021).

Semburan gas di Pondok Pesantrean Al Ihksan, berjarak 180 meter dari pipa perusahaan gas PT EMP Bentu dan berjarak 1 kilometer dari sumur gas EMP Bentu.

"Langkah yang sudah kami lakukan mengukur kandungan Lower Explosive Limit (LEL) dan H2S di lokasi semburan. Menginstruksikan kepada pengelola pondok agar melokalisasi area semburan dan melarang siapapun mendekat," ujar mantan Karo Humas Pemprov Riau.

Sembuaran gas muncul pada Kamis, 4 Febuari 2021. Sampai saat ini gas masih terus menyembur. Lokasi semburan gas merupakan pengeboran sumur air untuk pesantren.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)