Dialog dengan Mensos Risma, Warga Asmat Papua Minta Guru dan Jaringan Telepon

Jum'at, 25 Maret 2022 - 02:07 WIB
loading...
A A A


Saat ini, satu perahu telah diserahkan kepada warga Erosaman. "Sabar ya, karena untuk bikin satu perahu perlu waktu dua bulan, " ujar Risma.

Diketahui, warga Erosaman mengandalkan perahu sebagai alat transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Sementara, rumah rumah mereka berada di atas pondok kayu, karena air sering menggenang. Posisi perkampungan mereka dekat dengan sungai.

Sementara itu, pada kunjungannya ke beberapa lokasi di Kabupaten Asmat, Kemensos memberikan bantuan ke beberapa pihak di Kabupaten Asmat, Provinsi, Papua, senilai lebih dari Rp9, 8 miliar. Bantuan diberikan dalam bentuk kewirausahaan sosial berupa barang dan komoditas pertanian.

Bantuan diberikan dalam bentuk satu unit mesin desalinasi air, satu paket solar cell, budidaya ternak ayam petelur, benih sayur, bibit buah, bibit lele, budidaya pertanian dan perikanan, dua unit mesin desalinasi air (Pemkab dan Masjid An-Nur), dan dua paket solar cell (Pemkab dan Masjid An-Nur).



Secara rinci, bantuan Mensos untuk Keuskupan Agats senilai Rp7.616.560.000, untuk Pemerintah Kabupaten Asmat Rp1.301.340.000, dan untuk pengurus Masjid An-Nur Rp945.580.000. Penyerahan bantuan dipusatkan di Kampung Erosaman dan Kampung Amagais.

Mensos Risma mengaku, salah satu yang dikeluhkan warga adalah masalah pendidikan. Namun, Kemensos mengakui pihaknya sangat terbatas dalam memberikan bantuan pendidikan, karena tidak langsung menangani persoalan itu. Kemudian masalah aksesibilitas, yang juga perlu perahu.

"Kalau menggunakan jalan sulit, makanya mereka menggunakan perahu. Di beberapa titik begitu, walaupun ada juga kampung yang sudah memiliki jalan, anak anaknya minta sepeda, " katanya.

Menurut dia, Pemerintah tak hanya memberikan bantuan dalam bentuk jadi, tetapi juga bantuan yang bersifat pemberdayaan masyarakat seperti budidaya ayam petelur. Sampai saat ini progresnya cukup bagus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)