Kemenkumham Dorong Makassar Pertahankan Predikat Kota Peduli HAM

Rabu, 23 Maret 2022 - 18:39 WIB
loading...
Kemenkumham Dorong Makassar Pertahankan Predikat Kota Peduli HAM
Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan, saat menghadiri Sosialisasi Rencana Aksi Nasional HAM dan Pelaporan Kabupaten/Kota Peduli HAM Kota Makassar, di Hotel Novotel Makassar, Rabu (23/3/2022). Foto: Kemenkumham
A A A
MAKASSAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan terus mendorong Pemerintah Kota Makassarmempertahankan predikat Kota Peduli HAM pada tahun 2022 ini.

Hal tersebut disampaikan Kabid HAM Kemenkumham Sulsel , Utary Sukmawati, saat mewakili Kepala Kantor Wilayah sebagai narasumber pada Sosialisasi Rencana Aksi Nasional HAM dan Pelaporan Kabupaten/Kota Peduli HAM Kota Makassar, di Hotel Novotel Makassar, Rabu (23/3/2022).



Utary menyampaikan apresiasi Kakanwil Sulsel, Liberti Sitinjak, atas capaian Kota Makassar yang telah meraih predikat Peduli HAM dalam penilaian Kabupaten/Kota Peduli (KKP) HAM selama dua tahun terakhir. Hasil yang positif juga diperlihatkan Pemerintah Kota Makassar melalui Capaian Pelaporan Aksi HAM yang juga menunjukkan indikator hijau, atau dilaporkan secara aktif.

Utary lebih lanjut memaparkan Rencana Aksi Nasional HAM (Ranham) Generasi ke-V berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 53 Tahun 2021. Ia menyebut jika diperhatikaan, nilai aksi HAM Kota Makassar sudah baik, beberapa aksi bahkan memperoleh nilai 100.

"Kita tinggal menyempurnakan beberapa aksi yang nilainya belum maksimal. Atas Instruksi Kakanwil kita akan dampingi agar ini bisa tercapai dan Kota Makassar tahun ini dapat meraih kembali Predikat sebagai Kota Peduli HAM ," ucap Utary

Harapannya, ia bilang pelaksanaan Aksi HAM Kota Makassar berfokus pada output, bukan hanya administrasinya saja sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan, dalam sambutannya setelah membuka kegiatan menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas capaian predikat Peduli HAM Kota Makassar selama dua tahun berturut-turut.



Pada kesempatan itu, ia mengajak seluruh aparatur Kota Makassar terlibat aktif dalam mendukung dan mendorong tercapainya Kota Peduli HAM pada Tahun 2022. Ini juga terkait peningkatan kualitas pelayanan yang menjadi salah satu fokus utama Wali Kota Makassar, Moh Ramdan Pomanto.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kota Makassar, Amri, yang juga bertindak sebagai narasumber, OPD Terkait, Camat, dan Lurah di Kota Makassar.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0401 seconds (0.1#10.140)