18 Daerah di Sulsel Penuhi Kriteria Peduli HAM, Andi Sudirman Raih Penghargaan Pembina

Selasa, 13 Desember 2022 - 23:23 WIB
loading...
18 Daerah di Sulsel Penuhi Kriteria Peduli HAM, Andi Sudirman Raih Penghargaan Pembina
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima penghargaan dari Kemenkumham yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH. Maruf Amin, di Hotel Sultan & Residence Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, (12/12/2022). Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menerima penghargaan sebagai kepala daerah pembina peduli Hak Asasi Manuasi (HAM). Hal itu menyusul setelah 18 kabupaten/kota di Sulsel disebut telah memenuhi kriteria 60 persen sebagai daerah peduli HAM.

Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM ini, diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin kepada Andi Sudirman Sulaiman pada Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74 Tahun 2022, dengan tema “Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang” di Hotel Sultan & Residence Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, (12/12/2022).



Berdasarkan penilaian Kemenkumham, di Sulsel telah melebihi 60%, yakni 18 Kabupaten/Kota telah memenuhi kriteria sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM. Bahkan penghargaan ini, hanya diberikan kepada 10 Gubernur di Indonesia, salah satunya Gubernur Sulsel, Andi Sudirman.



“Tentunya kita mendorong agar seluruh kabupaten/kota bisa memenuhi sebagai Peduli HAM,” kata Andi Sudirman.

Pencapaian itu, kata Andi Sudirman berkat sinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pemajuan HAM.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin meminta peringatan HAM Sedunia ini sebagai momen untuk meneguhkan pemajuan HAM bagi setiap orang menuju Indonesia Maju.



Ma'ruf Amin menyebutkan, pemerintah berkomitmen untuk melindungi hak masyarakat Indonesia yang berasal dari ekonomi bawah atau wong cilik.

"Kita ingin lindungi hak-hak wong cilik di pelosok tanah air, para petani dan buruh tani, nelayan, dan warga miskin, dari gerakan yang memarginalkan hak-hak dasar rakyat kecil," kata Wapres.

Indonesia disebut Wapres, memiliki visi untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif, berimbang dan berkelanjutan, di mana manusia adalah pusatnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2492 seconds (0.1#10.140)