Laju Ekonomi Luwu Tumbuh 4 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 17 Maret 2022 - 18:52 WIB
loading...
A A A
"Sehubungan dengan itu, perlu saya informasikan bahwa dari 282 jenis usulan yang disediakan dalam kamus usulan musrenbang desa, terdapat, 2.500 usulan pada 17 bidang urusan, yang disampaikan untuk dibahas pada tahapan perencanaan selanjutnya," sebutnya.



Sulaiman merinci usulan-usulan tersebut terdiri dari, kelautan dan perikanan sejumlah 70 usulan, kepemudaan dan olah raga sejumlah 69 usulan, kesehatan sejumlah 132 usulan, komunikasi dan informatika sejumlah 9 usulan, koperasi, usaha kecil dan menengah sejumlah 12 usulan.

Selanjutnya, lingkungan hidup sejumlah 21 usulan, pariwisata sejumlah 20 usulan, pekerjaan umum dan penataan ruang sejumlah 778 usulan, pendidikan sejumlah 228 usulan, perdagangan sejumlah 23 usulan perhubungan sejumlah 43 usulan, dan pertanahan sejumlah 5 usulan.

Berikutnya, pertanian sejumlah 483 usulan, perumahan rakyat dan kawasan permukiman sejumlah 410 usulan, sekretariat daerah sejumlah 1 usulan, sosial sejumlah 75 usulan dan tenaga kerja sebanyak 124 usulan.

"Alhamdulillah, seluruh proses itu telah dilaksanakan perangkat daerah sebelum pelaksanaan musrenbang ini. Saya percaya bahwa dalam proses tersebut, telah dibahas dan disepakati bersama usulan-usulan prioritas pada masing-masing perangkat daerah," tuturnya.

Searah dengan tema RKP dan RKPD Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023, RKPD Kabupaten Luwu tahun 2023 mengangkat tema 'Penguatan Struktur Perekonomian Daerah yang umUnggul dan Berdaya Saing'. Tema tersebut mengandung makna bahwa pembangunan daerah tidak hanya difokuskan kepada infrastruktur, tetapi juga terhadap sumber daya manusia sebagai penopang struktur perekonomian.

Untuk itu, ia menyebut pembangunan Luwu pada tahun 2023 diprioritaskan pada perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, pembangunan manusia, pengembangan infrastruktur wilayah dan lingkungan permukiman.

Pada Musrenbang Kabupaten Luwu 2023 lalu, Bupati Basmin Mattayang mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam meningkatkan pembangunan di daerahnya. Di antaranya yakni pembangunan jalan Latuppa- Bonglo-Salulimbong-Pantilang, Kecamatan Bastem Utara, kemudian peningkatan jalan Bandara Bua ke Batas Toraja Utara, peningkatan jalan Batusitanduk-Toraja dan pengembangan Bandar Udara I Lagaligo Bua.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3721 seconds (0.1#10.140)