Kisah Cinta Sultan Mahmud Syah III Hadiahkan Emas Kawin Pulau Penyengat

Senin, 28 Maret 2022 - 05:44 WIB
loading...
Kisah Cinta Sultan Mahmud Syah III Hadiahkan Emas Kawin Pulau Penyengat
Masjid Pulau Penyengat yang indah. Foto: Istimewa
A A A
PULAU Penyengat Inderasakti yang berada di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menyimpan kisah romantis. Pulau ini pernah dijadikan mas kawin oleh Sultan Johor yang ke-15, Sultan Mahmud Syah III kepada Engku Puteri Hamidah.

Seperti apa kisah cinta keduanya yang begitu melegenda, berikut ulasan singkat Cerita Pagi. Bermula saat Sultan Mahmud Syah III jatuh hati dengan puteri Raja Haji Fi Sabilillah yang bernama Engku Puteri Hamidah.

Pada 1803, Sultan Mahmud melamar Puteri Hamidah yang berketurunan Bugis sebagai istrinya yang ke-4. Sebagai mas kawin, Sultan Mahmud memberikan Pulau Penyengat Inderasakti. Saat itu, pulau ini baru hanya dihuni 5 rumah saja.



Hutan belantara yang masih mengelilingi pulau itu kemudian ditebas, dirasakan untuk sang puteri. Saat menjadikan Pulau Penyengat mas kawin, Sultan Mahmud bertitah menjadikan Pulau Penyengat menjadi milik Hamidah.

"Hai Raja Hamidah! Adalah saya membuat Pulau Penyengat ini dijadikan negeri, sudah cukup dengan istana dan kota paritnya! Maka Raja Hamidahlah saya buatkan jadi miliklah kepada Raja Hamidah.

Syahdan lagi.. pasal negeri Riau ini dari pada hasil-hasilnya dan lain-lainnya yaitu jadi milik makanan Raja Hamidahlah adik-beradik, yaitu segala putra Raja Haji Alharhum Fi Sabilillah. Maka tiadalah saya campur lagi barang sesuatunya."



Begitu besar kecintaan Sultan Mahmud kepada Hamidah, sehingga Pulau Penyengat diberikan semua kepada Hamidah.

Selepas tahun 1804, pusat pemerintahan Kesultanan Johor-Riau-Lingga dibagi menjadi dua, di Pulau Penyengat dan Pulau Daik, Lingga. Selanjutnya, di Pulau Penyengat menjadi kota lengkap dengan benteng pertahanan dan masjid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)