Pemindahan IKN Dinilai Buka Peluang Investasi Baru bagi Sulsel

Kamis, 17 Februari 2022 - 09:29 WIB
loading...
A A A
"Ketika aksesibilitas dibuka, maka secara otomatis ekonomi warga pelososk bisa meningkat. Untuk itu, dengan IKN kita mesti mengoptimalkan apa yang dimiliki. Karena ini yang dibutuhkan mereka di Kaltim," lanjutnya.

Lebih jauh, Fadli mengusulkan dibangunnya tol laut untuk memaksimalkan penyuplaian kebutuhan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

"Saya usulkan diciptakan tol laut. Saya mau, Sulsel punya kapal kargo untuk mempercepat suplai kebutuhan IKN agar bisa terpenuhi. Karena kita (Sulsel) posisinya paling dekat. Intinya, bagaimana potensi pasar Sulsel lebih terbuka. Apalagi, di Sulsel sementara dipercepat pembangunan Makassar New Port," terangnya.

Akademisi Universitas Pepabri Makassar Aswar Annas, menjelaskan IKN secara histori itu sebenarnya bukan ditemukan akhir ini. Tapi jauh sebelum itu sudah diwacanakan terkait pemidahan ibu kota negara.

"Perkembangan sebuah negara maju dalam beberapa negara seperti Jepang Australia itu semuanya pernah melaksanakan pemindahan Ibu Kota baru. Itu karena permasalahan tidak bisa menampung sebuah wilayah. Pastinya, pemindahan ibu kota negara lain justru berdampak lebih baik," bebernya.



Aswar menuturkan isu sekarang ini kenapa pemindahan IKN di saat pandemi. Dimana ekonomi masyarakat yang saat ini tidak stabil mengapa dijadikan alasan pemindahan ibu kota.

"Bahwa kebijakan ini harusnya kita butuhkan karena sekarang bukan hal yang biasa lagi, justru kita sebagai warga Sulawesi itu telah memberikan dampak pertumbuhan ekonomi sebagai Kalimantan Ibu Kota Negara. Untuk itu, mari kita dukung program pemrintah terkait pemindahan IKN ini," tegasnya.

Korwil Sulsel I Badko HMI MPO Sulselbar Sardi menegaskan dengan adanya pemindahan IKN tentu akan menjadi sebuah titik yang sangat baik. "Karena Ibu kota yang baru ada di tengah-tengah Negara kita sehingga akan semua pulau-pulau mendapatkan akses yang sangat mudah untuk ke ibu kota terbaru," katanya.

Menurutnya, Pulau Kalimantan menjadi sebuah pulau yang pas untuk pertimbangan di kota yang lain. Dimana hasil riset dan kajiannya Pulau Kalimantan ini kondisi bencana secara ekonomis cenderung sedikit dibanding pulau lain. "Kemudian kita mendapatkan sebuah ibu kota tentu kita ingin bebas dari bencana," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5762 seconds (0.1#10.140)