Atasi Lonjakan Omicron di Jabar, Ridwan Kamil Ambil 3 Langkah Ini

Selasa, 01 Februari 2022 - 07:51 WIB
loading...
Atasi Lonjakan Omicron di Jabar, Ridwan Kamil Ambil 3 Langkah Ini
Gubernur Ridwan Kamil menyiapkan tiga langkah mengatasi lonjakan omicron.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, siap turun lagi ke lapangan menyusul lonjakan kasus COVID-19, khususnya kasus varian Omicron di Jabar.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu memastikan, pihaknya sudah melakukan langkah taktis untuk mencegah kasus Omicron yang diprediksi akan terus mengalami kenaikan.

Diketahui, pekan ini, tercatat 492 kasus positif COVID-19 probable varian Omicron berdasarkan data yang dihimpun Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar.

Baca juga: Imbas Pandemi di Tahun 2021, Warga Miskin di Cimahi Capai 32.480 Jiwa

Menurut Kang Emil, pihaknya melakukan tiga penguatan, agar kenaikan kasus bisa diantisipasi yang akan dibarengi aksi turun langsung ke lapangan untuk meninjau kesiapan daerah dalam menghadapi ancaman tersebut.

Pertama, menguatkan kembali komunikasi antara Satgas COVID-19 Provinsi Jabar dengan 27 kabupaten/kota, termasuk satgas antarkabupaten untuk menghasilkan keputusan yang tepat, seperti penghentian sementara PTM di Kota Bogor.

"Pak Bima Arya Wali Kota Bogor menyampaikan sebuah fenomena, sehingga kami izinkan. Kami terus memantau persiapan di daerah dengan intens," kata Kang Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (31/1/2022).

Pihaknya juga meminta seluruh kepala daerah di Jabar turut serta memantau pergerakan kasus di wilayahnya, terutama di lingkungan sekolah. Lebih khusus lagi, kepala daerah di wilayah Jabodetabek.



"Kami minta semua kepala daerah memonitor, tapi per hari ini karena memang episentrumnya ada di Bogor, Depok, Bekasi, memang rata-rata kemungkinan ada perubahan-perubahan kebijakan mayoritas di wilayah itu," katanya.

Tak sekadar mendengar dan membaca laporan dari pemerintah daerah, kata Kang Emil, pihaknya juga melakukan pemeriksaan dan peninjauan langsung terkait kesiapan di sejumlah rumah sakit umum daerah (RSUD), seperti di Bekasi dan Kuningan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)