Menkes Minta ITS Maksimalkan Teknologi untuk Tekan Sebaran COVID-19

Kamis, 11 Juni 2020 - 20:17 WIB
loading...
A A A
Inovasi lain dari ITS adalah adanya robot Violeta yang digunakan untuk mensterilkan ruangan dengan menggunakan teknologi sinar Ultraviolet (UV). “Bisa 99% bakteri terbunuh, tetapi tidak boleh ada manusia di dalam ruangan saat sterilisasi,” kata dia.

Selain itu, ITS juga telah memproduksi 145.000 lebih face shield dan sudah dibagikan ke 25 provinsi di seluruh Indonesia dan mendonasikan ke sejumlah puskesmas dan rumah sakit. Ada juga 20 buah bilik yang terdiri dari 10 bilik fumigasi cairan disinfektan dan 10 bilik injeksi gas ozone.

ITS juga memproduksi dua unit bilik swab untuk mendeteksi COVID-19 dan meluncurkan Emergency Ventilator (EVITS) berbasis lima parameter kesehatan, yang diuji oleh Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK).

Ashari mengatakan, dalam memasuki masa New Normal, ada tiga hal yang ditekankan ITS. Pertama adalah deteksi gejala, di mana ITS harus memastikan semua sivitas akademika dan masyarakat yang terlibat semuanya sehat dengan menggunakan thermal image sensor. Kedua, melakukan pencegahan penularan melalui APD, masker, face shield, termasuk sterilisasi alat dan ruangan. Terakhir, adanya penanganan penderita dengan menerapkan desain kontainer untuk ruang ICU dan isolasi, serta penggunaan RAISA.
(nth)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)