Kontroversi! Media Asing Sebut Prabowo Upayakan Normalisasi dengan Israel

Minggu, 16 Januari 2022 - 22:04 WIB
loading...
A A A
Allaham mulai bekerja mengurus hubungan Israel-Indonesia pada awal 2021. Dia mengurusi sejumlah bidang mulai dari perdagangan, pertanian hingga diplomasi.

Ia juga menginisiasi pertemuan antara asisten pribadi Prabowo , Sudaryono dengan seorang agen intelijen Israel di Budapest, Rumania, Mei 2021 lalu, melalui kontak bisnis yang merupakan mantan perwira senior intelijen tentara Israel. Dari sini, Israel dan Indonesia disebut terus merapat ke hubungan tingkat yang lebih tinggi, termasuk dalam pertemuan di Paris.

Terkait hal itu, Staf Khusus Prabowo Subianto , DahnilSimanjuntak, tegas membantah pemberitaan media Israel tersebut. Dahnilmenegaskan Prabowotidak pernah terlibat dalam pembahasan normalisasi hubungan kerja sama antara Jakarta dengan TelAviv.

"Pak Menhan tidak pernah ikut membahas masalah normalisasi dengan Israel, baik secara formal maupun informal," kata Dahnilmelalui pesan tertulis pada Jumat (14/1/22).

Dahnil menegaskan sikap Prabowo selama ini sejalan dengan negara dan konstitusi Indonesia yakni mendukung kemerdekaan Palestina.

"Sikap beliau sejalan dengan sikap negara dan konstitusi kita mendukung kemerdekaan semua bangsa, dalam hal ini kemerdekaan Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution seperti yang sudah disampaikan secara terbuka pada forum Manama, di Bahrain," papar Dahnil.



Dahnil juga menekankan, tulisan The Jerusalem Post soal pertemuan Sudaryono dengan pejabat Israel tak benar. "Tidak ada Pak Prabowo mengutus staf bahas masalah normalisasi," tegas Dahnil.

Wakil Ketua Umum Bidang Luar Negeri sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Fadli Zon, juga melontarkan bantahannya melalui akun resmi twitternya @fadlizon pada 14 Januari 2022. Ia menuliskan kalimat singkat, "Propaganda murahan Israel dari dulu ya seperti ini. Fitnah dan hoax," cuitnya.
(tri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)