Panen, Polres Majalengka Bagikan Lele dan Sayuran

Selasa, 09 Juni 2020 - 00:06 WIB
loading...
Panen, Polres Majalengka Bagikan  Lele dan Sayuran
Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso membagikan hasil panen lele dan kangkung kepada masyarakat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Program budidaya lele dan kangkung dalam ember di seluruh polsek jajaran Polres Majalengka berbuah manis. Kegiatan ketahanan pangan yang digagas Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso di tengah pandemi Covid-19 itu akhirnya memberikan manfaat.

Menjelang penerapan new normal atau tananan baru, Kapolres Majalengka bersama Muspika dan tokoh masyarakat setempat melaksanakan panen ikan lele dan sayuran kangkung di Mako Polsek Kadipaten, Senin (8/6/2020). “Alhamdulillah, upaya yang kami rintis selama ini tidak sia-sia,” ujar Bismo.

Menurutnya, dampak pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan di Kabupaten Majalengka. “Sehingga kami menempuh langkah antisipasi dengan menciptakan lahan baru,” katanya.

Polres Majalengka lantas membuat program rutin, memanfaatkan lahan kosong di sekitar Polres hingga Polsek Jajaran untuk budidaya lele dan sayuran kangkung dengan sistem hidroponik.

“Dengan demikian, kekhawatiran akan ketahanan pangan saat penerapan New Normal tidak akan terjadi, itu yang kami harapkan,” terang Bismo.

Dia menambahkan, hasil budidaya ikan lele dan sayuran kangkung tidak saja untuk kebutuhan anggota Polsek Jajaran atau Polres Majalengka. Lebih dari itu, hasil budidaya tersebut turut dinikmati masyarakat sekitar. “Hasil panen ikan lele dan sayuran kangkung ini juga kita bagikan kepada masyarakat, khususnya yang terdampak Covid-19,” terangnya.

Akibat pandemi ini, sambung Bismo, banyak masyarakat yang kehidupannya terdampak karena tidak bisa bekerja dan kehilangan penghasilan. Sehingga menjadi tugas polisi sebagai pengayom masyarakat untuk bisa berkontribusi membantu sesama yang membutuhkan.

Sementara itu budidaya ikan lele dan sayuran kangkung yang dipanen adalah hasil kerja keras para anggotanya. “Ini menjadi bukti bahwa anggota polisi juga memiliki kemampuan bertani dan beternak ikan, sehingga bisa menjadi salah satu potensi dalam mendukung program ketahanan pangan,” pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9171 seconds (0.1#10.140)