Migrasi Dari Australia, Hiu Tutul Muncul di Perairan Pasuruan

Minggu, 07 Juni 2020 - 21:33 WIB
loading...
Migrasi Dari Australia, Hiu Tutul Muncul di Perairan Pasuruan
Ikan hiu tutul muncul di perairan dangkal Kota Pasuruan. Foto/iNews TV/Jaka Samudera
A A A
PASURUAN - Puluhan ikan hiu tutul muncul di perairan Kota Pasuruan, Minggu (7/6/2020). Rombongan ikan dengan ukuran sangat besar ini, bermigrasi dari perairan Australia.

(Baca juga: Ada Cerita Perselingkuhan di Balik Bunuh Diri Siswa SMK Gresik )

Kehadiran hewan mamalia laut di pesisir Pulau Jawa tersebut, diketahui oleh warga setempat sejak satu pekan ini. Dalam satu rombongan, jumlahnya bisa mencapai 40-50 ekor.

Rata-rata hiu tutul tersebut memiliki panjang sekitar enam meter. Salah satu hiu tutul tersebut juga terlihat ada yang mengalami luka di punggungnya, kemungkinan akibat terkena baling-baling perahu.

Kehadiran rombongan hiu tutul ini, juga dibenarkan anggota Polisi Air Polres Pasuruan Kota, Aiptu Laswanto. "Setiap tahun, hiu tutul ini selalu bermigrasi dari perairan Australia yang dingin, menuju perairan Jawa yang lebih hangat," ungkapnya.

(Baca juga: Belum Ada Penundaan Piala Dunia U-20, Renovasi GBT Tetap Dikebut )

Satwa langka yang dilindungi ini, berkeliaran di laut Jawa, untuk mencari makanan berupa ikan kecil dan plankton yang sangat banyak hidup di perairan hangat. Ikan-ikan raksasa itu, biasanya akan kembali ke perairan Australia pada bulan Agustus-Desember.

(Baca juga: Parikan Khas Surabaya Hangatkan Penyaluran BST di Kantor Pos )

Laswanto mengaku, telah menyampaikan imbauan kepada para nelayan dan masyarakat, untuk tidak menangkap hiu tutul ini, karena merupakan satwa langka yang dilindungi.

Bahkan dia juga rutin melaklukan patroli keamanan laut, untuk mengantisipasi adanya aksi perburuan liar terhadap ikan-ikan dilindungi tersebut oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)