Kasus DBD Meningkat, Pemkab Bangka Barat dan TNI Gotong Royong Bersihkan Selokan

Jum'at, 03 Desember 2021 - 12:36 WIB
loading...
Kasus DBD Meningkat, Pemkab Bangka Barat dan TNI Gotong Royong Bersihkan Selokan
Petugas gabungan saat membersihkan got atau saluran air di pemukiman padat penduduk, di Kelurahan Tanjung Muntok, Jumat (3/12/2021). Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani.
A A A
BANGKA BARAT - Tim gabungan dari sejumlah pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat , TNI AL Muntok, Satpolair Polres Bangka Barat dan perusahaan swasta membersihkan saluran air di pemukiman padat penduduk di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (3/12/2021). Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit DBD yang saat ini melanda beberapa daerah di Kecamatan Muntok.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kita bisa mencegah meluasnya wabah DBD , khususnya di Kecamatan Muntok. Ini sifatnya kita pemberantasan sarang nyamuk. Kita membersihkan ataupun mengurangi tempat-tempat yang menjadi tumbuhnya jentik nyamuk," ujar Kepala BPBD Bangka Barat, Ahmad Nursyandi. Baca juga: Polisi Gagalkan Upaya Bunuh Diri Perempuan Melompat ke Tengah Laut

Ahmad Nursyandi juga menyebutkan adanya peningkatan kasus DBD yang terjadi sejak September 2021 ini. "Kita lihat memang tren kasusnya dari tiga bulan ke belakang, naiknya itu dua kali lipat. Dari bulan September terus ke Oktober hingga November naiknya itu dua kali lipat, nah ini yang ingin kita cegah jangan sampai di Desember naik dua kali lipat juga," ucapnya.

Selain membersihkan saluran air, pihaknya juga memberikan edukasi tentang DBD dan pelayanan kesehatan. "Di kegiatan yang sama juga ada pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Kita berikan edukasi ke masyarakat bagaimana cara memberantas jentik nyamuk," tuturnya. Baca juga: KM Berkat Niaga Ludes Terbakar di Tengah Laut, 9 ABK Selamat dengan Menyelam

Sebelumnya BPBD Bangka Barat sudah melakukan upaya lain dalam pencegahan DBD, dengan melakukan kegiatan fogging pada Minggu (14/11/2021) lalu.

(don)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1563 seconds (10.177#12.26)