Bertambah Satu Lagi, Nakes di PALI Dinyatakan Positif

Minggu, 07 Juni 2020 - 17:15 WIB
loading...
Bertambah Satu Lagi, Nakes di PALI Dinyatakan Positif
Sejumlah petugas sehatan menangani pasien positif Covid-19 di salah satu rumah sakit. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
PALI - Gugus tugas percepatan penangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Juru Bicara (Jubir) Mudakir SKM MKes menyebut bahwa ada penambahan satu pasien terkonfimasi positif Covid-19 .

Penambahan, seorang perempuan umur 44 tahun dan juga sebagai Tenaga Kesehatan (Nakes) asal Tanah Abang, yang hasil Swab tesnya keluar pada Sabtu malam (6/6/2020) dari BBLK Palembang berjumlah 13 sampel, dimana 12 negatif dan satu positif terpapar Covid-19.

"Hasil swab tes yang keluar seluruhnya berjumlah 13 sampel, satu di antaranya hasilnya positif terpapar Covid-19. Jadi ada 12 negatif, dan yang satu positif adalah seorang perawat asal Kecamatan Tanah Abang," kata Mudakir, Minggu (7/6/2020).

Dijelaskan Mudakir, bahwa yang bersangkutan saat ini tengah dievakuasi untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) PALI. (Baca juga: 1.000 Lebih Klaster Gowa Belum Terlacak di Kalimantan Selatan )

"Tadinya yang bersangkutan lakukan isolasi mandiri sembari menunggu hasil swab. Tapi dengan hasilnya positif, kita bawa yang bersangkutan untuk dirawat di RSUD Talang Ubi. Jadi hingga saat ini ada dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berada di ruang isolasi RSUD Talang Ubi, setelah kemarin ada satu Ibu rumah tangga asal Kecamatan Talang Ubi yang menurut hasil swab terkonfimasi positif Covid-19," terangnya.

Adapun hasil swab negatif, dari 12 yang keluar di antaranya ada yang menjalani isolasi di rumah sehat bilangan Talang Kerangan, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, untuk dipulangkan dan menjalankan isolasi ke rumah masing-masing sesuai protokol kesehatan. (Baca juga: Diduga Ditembak, Petani di OKU Tewas di Tengah Jalan )

"Kita sudah minta kepada petugas di rumah sehat, yang hasil swabnya telah keluar dan hasilnya negatif untuk diperbolehkan pulang. Namun, kita tetap memantau dan mengisolasi mandiri, sesuai protokol kesehatan," tukasnya.

Meski jumlah terkonfimasi bertambah, namun Mudakir tetap mengimbau warga PALI tidak panik dan tetap patuhi protokol kesehatan sesuai standar Covid-19. (Baca juga: Update Corona Minggu: Positif 31.186 Orang, 10.498 Sembuh dan 1.851 Meninggal )

"Kita beri semangat kepada warga yang terkonfimasi, jangan dibully yang pada akhirnya menambah lemah imun yang bersangkutan. Tetaplah patuhi anjuran pemerintah dan terapkan protokol kesehatan, tidak usah panik dan jangan menyebar berita yang bisa menambah ketakutan masyarakat," ajaknya.

Sebelumnya, pada Sabtu (6/6/2020) Jubir gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten PALI dr Zamir Alvi SH MHKes, menyebut pada Sabtu (6/6/2020) PALI merilis hasil swab tes positif terhadap perempuan 58 tahun asal kecamatan Talang Ubi. Dengan demikian, kabupaten PALI merilis ada 3 pasien positif, dimana satu telah dinyatakan sembuh dan duanya menjalani perawatan di RSUD PALI.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)